Breaking News:

Berita Sabang

Kejari Sabang Musnahkan Barang Bukti Narkotika

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Sabang, Kamis (16/6/2022), memusnahkan barang bukti hasil sitaan dari 7 perkara tindak pidana di daerah itu

Editor: bakri
Humas Kejari Sabang
Kajari Sabang, Choirun Parapat SH MH Musnahkan Barang Bukti Narkotika Dan Psikotropika yang berlangsung di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Sabang, Kamis (16/6). 

SABANG - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Sabang, Kamis (16/6/2022), memusnahkan barang bukti hasil sitaan dari 7 perkara tindak pidana di daerah itu.

Pemusnahan barang bukti berlangsung di halaman Kantor Kejari Sabang.

“Pemusnahan barang bukti ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kejari Sabang khususnya terkait dengan fungsi pelaksanaan kewenangan Penuntut Umum sebagai eksekutor dalam perkara tindak pidana yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (Incraht),” ujar Kajari Sabang, Choirun Parapat SH MH.

Pemusnahan barang bukti dipimpin Kajari Sabang beserta jajaran dan juga dihadiri Kapolres Sabang diwakili Kasat Narkoba AKP Wijaya Yudistira SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Sabang Aswin Arief SH MH, Kepala Rutan Sabang diwakili oleh Syamsul Bahri, BNN Kota Sabang Masduki, Dinas Kesehatan Kota Sabang dr Edi Suharto Kajari Sabang Choirun Parapat, kepada Serambi mengatakan, pemusnahan barang bukti yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian dari penyelesaian perkara tidak saja dalam konteks pelaksanaan eksekusi badan, Penuntut umum juga diwajibkan untuk sesegera mungkin melaksanakan eksekusi terhadap barang bukti demi tuntasnya penanganan suatu perkara secara paripurna.

Ia menambahkan, barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 7 perkara yang ditangani dari perkara bulan Desember 2021 hingga Juni 2022.

“Barang bukti yang didapatkan semuanya dimusnahkan agar tidak disalahgunakan lagi,” katanya.

Adapun barang bukti narkotika yang dimusnahkan diantaranya, sabu-sabu sebanyak 10,42 gram, ganja seberat 493,66 gram.

Untuk barang bukti ganja dimusnakan dengan cara dibakar, Sedangkan sabu-sabu dihancurkan oleh mesin penghancur.

Baca juga: Kejari Sabang Tahan Dua Orang Terkait Korupsi Dana Desa

Baca juga: Kejari Sabang Bagikan Takjil

Kajari Sabang Choirun Parapat berharap, pengelolahan dan penaganan perkara narkotika dan psikotropika ini harus betul-betul dilaksanakan untuk menghindari potensi penyimpangan.

Karena bila ini dibiarkan lama-lama untuk dimusnakan bisa menjadi persoalan kedepannya.

“Ini juga tindak lanjut dan saran dari pak kejati Aceh saat melakukan kunjungan kerja kesabang bersama asisten pengawasan dan rombongan pada minggu lalu,” tandasnya.

Sementara itu Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) pada Kejari Sabang, Tri Sutrisno SH menjelaskan, pengelolaan dan pengamanan barang bukti khususnya narkotika dan psikotropika menjadi atensi khusus agar terhindar dari potensi penyimpangan. (ap)

Baca juga: Wali Kota Sabang Tgk Agam Apresiasi Rumoh Restorative Justice Kejari Sabang

Baca juga: Pemko Sabang Tandatangani MoU Bersama Kejari Sabang

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved