Breaking News:

Berita Banda Aceh

Mata Garuda Aceh dan DJPb Aceh Dampingi Puluhan UMKM, Bahas Pemasaran hingga Branding

Kegiatan ini merupakan pengabdian tahunan Massive Action LPDP, berupa pendampingan kepada UMKM.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Taufik Hidayat
Foto Kiriman Warga
Pendampingan untuk UMKM di Aceh, Minggu (3/6/2022) di Gedung Keuangan Aceh, Banda Aceh. 

Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Mata Garuda Aceh (MGA), wadah alumni dan penerima beasiswa LPDP wilayah Aceh, didukung oleh LPDP dan Kanwil Dirjen Perbendaharaan (DJPb) Aceh memberikan pendampingan untuk sejumlah UMKM di Aceh, Minggu (3/6/2022) di Gedung Keuangan Aceh, Banda Aceh.

Acara diikuti oleh 80 peserta luring dan 30 peserta daring. Kegiatan ini merupakan pengabdian tahunan Massive Action LPDP, pendampingan kepada UMKM.

Acara itu mengambil tema Desain Thinking and Money Management for MSMEs, yang berfokus pada pemberian workshop pembukuan dan pemasaran digital, serta akses permodalan bagi pelaku UMKM yang ada di Banda Aceh dan sekitarnya.

Kegiatan dibuka oleh Plt Kakanwil DJPb Aceh, Zulfitri Nasran. Ia sangat mengharapkan bahwa output dari acara ini nantinya bisa membantu para pelaku UMKM untuk naik kelas. Serta memperluas cakupan bisnisnya ke pasar nasional dan internasional.

Ia juga mengharapkan agar kegiatan pendampingan seperti ini juga akan menjadi agenda rutin. Serta menjadi salah satu dari banyaknya kegiatan yang nantinya bisa dilakukan oleh MGA bekerja sama dengan DJPb Kanwil Aceh.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh perwakilan divisi alumni beasiswa LPDP, Mohammad Kamiluddin, ini merupakan satu bentuk pengabdian para alumni dan penerima Beasiswa LPDP kepada masyarakat Indonesia, karena diadakan secara serentak pada 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Berkaca pada imbas virus Covid 19 yang sangat dirasakan dampaknya pada sektor ekonomi, terutama bagi para pelaku bisnis UMKM, kegiatan pengabdian kali ini khusus menyasar sektor perekonomian, setelah di kegiatan di tahun-tahun sebelumnya juga berfokus pada bidang Pendidikan dan Kesehatan masyarakat.

Acara ini diikuti dengan antusias oleh para peserta yang hadir, juga diikuti dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Mata Garuda Aceh dan Dirjen Perbendaharaan Kanwil Aceh.

Isinya kedua lembaga ini bersama-sama fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menginisiasi program pengembangan sumber daya manusia di Aceh.

MoU ini menjadi Langkah strategis bagi Ketua MGA, Intan Farhana dan rekan-rekannya  alumni dan penerima beasiswa LPDP di seluruh Aceh.

Supaya kedepan pengabdian mereka lebih optimal dan menyeluruh kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Langkah pengabdian kita tidak berhenti di sini. Akan banyak kegiatan pengembangan sumber daya manusia dan pelayanan kepada masyarakat yang akan dilakukan oleh teman-teman awardee dan alumni beasiswa LPDP, sebagai komitmen kami semua untuk berkontribusi kepada negara pada umumnya, dan provinsi Aceh secara khusus”, ujar Intan Farhana.

Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II DJPb Kanwil Aceh, Praptono Djunedi dalam sesi workshop membahas materi mengenai akses permodalan yang disediakan oleh DJPb Kanwil Aceh.

Selanjutnya, para peserta juga mendapatkan pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan dan pembukuan yang disampaikan oleh Hendra Halim, seorang akademisi keuangan dari Universitas Syiah Kuala. Setelah siang, acara ditutup dengan pemaparan materi dan pelatihan mengenai model bisnis, strategi pemasaran dan branding bagi UMKM.(*)

Baca juga: Diskop dan UKM Aceh Bekali 25 Wirausaha Pemula di Aceh Tenggara

Baca juga: Produk UMKM Banda Aceh Dipamerkan di Medan City Expo

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved