Breaking News:

Bencana Alam

Italia Alami Bencana Kekeringan Terburuk dalam 70 Tahun Terakhir, Debit Air Sungai Po Turun Drastis

Peristiwa ini adalah kekeringan terburuk yang dialami negara itu dalam 70 tahun terakhir. Pemerintah Italia mengumumkan tindakan darurat...

Editor: Eddy Fitriadi
AP/Alessandra Tarantino
HANYA ILUSTRASI Orang-orang mengantre di pusat vaksinasi Covid-19, Roma, Italia. Italia Alami Bencana Kekeringan Terburuk dalam 70 Tahun Terakhir, Debit Air Sungai Po Turun Drastis. 

SERAMBINEWS.COM - Italia mengumumkan kondisi darurat kekeringan untuk wilayah di sekitar Sungai Po, Senin (4/7/2022).

Peristiwa ini adalah kekeringan terburuk yang dialami negara itu dalam 70 tahun terakhir.

Pemerintah Italia mengumumkan tindakan darurat dilakukan di daerah yang berbatasan dengan Sungai Po dan cekungan air di Pegunungan Alpen timur.

Keadaan darurat juga berlaku di lima wilayah lain, yaitu Emilia-Romagna, Friuli Venezia Giulia, Lombardy, Piedmont dan Veneto. 

Pemerintah kini mengalokasikan dana awal sebesar 36,5 juta euro untuk membantu warga yang merasakan dampak kekurangan air.

"Keadaan darurat ditujukan untuk mengelola situasi saat ini dengan cara dan kekuatan yang luar biasa, dengan bantuan dan bantuan kepada penduduk yang terkena dampak," kata pemerintah dalam pernyataannya.

Dikutip dari Reuters, nantinya pihak berwenang diperbolehkan mempersingkat birokrasi dan mengambil tindakan langsung seperti memberlakukan penjatahan air untuk rumah dan bisnis.

Sungai Po adalah sungai terpanjang di Italia dengan panjang lebih dari 650 km. Sungai ini membentang di wilayah utara dan mengairi lahan pertanian yang sangat luas.

Sekarang ada banyak jalur air yang mengering dan para petani mengatakan alirannya sangat lemah sehingga air laut merembes ke daratan dan merusak tanaman.

Sampai saat ini pun sungai Po berperan dalam mengairi pertanian yang menyumbang sekitar sepertiga dari produksi pertanian negara.

Tindakan tambahan kemungkinan akan diambil di waktu mendatang, tergantung pada level kekeringan yang terjadi.

Perdana Menteri Mario Draghi dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menunjuk seorang komisaris untuk mengoordinasikan respons kekeringan.

Apabila berlanjut, masalah kekeringan ini jelas akan berdampak pada Italia tengah setelah musim dingin dan musim semi yang sangat kering. Kondisi bisa memburuk di awal musim panas yang suhunya bisa sangat panas.(*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Italia Umumkan Darurat Kekeringan di Sekitar Sungai Po, Terburuk Dalam 70 Tahun"

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved