Breaking News:

Kajian Islam

Kunjungi Orang Baru Pulang Berhaji Ternyata Ada Keutamaan Khusus, Ini Kata Pengurus ISAD Aceh

Berdasarkan hal inilah, kata Tgk Nauratul, yang membuat kita menjadi semangat untuk mengunjungi kerabat dan tetangga sekembali dari Tanah Suci.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Mursal Ismail
FOR SERAMBINEWS.COM
Pengurus Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh, Tgk Nauratul Islami 

Berdasarkan hal inilah, kata Tgk Nauratul, yang membuat kita menjadi semangat untuk mengunjungi kerabat dan tetangga sekembali dari Tanah Suci.

SERAMBINEWS.COM - Setelah usainya lebaran Idul Adha tentunya ada hal yang sangat  dinantikan bersama warga muslim Indonesia, khususnya di Aceh.

Yaitu orang-orang yang mendapatkan kesempatan berhaji pulang ke tanah air.

Pengurus Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh, Tgk Nauratul Islami mengatakan, salah satu tradisi yang sudah turun temurun di masyarakat Aceh adalah mengunjungi sanak saudara dan tetangga yang baru pulang melaksanakan ibadah haji atau umrah.

“Hal ini bukanlah hanya sekadar adat istiadat biasa. Namun memiliki fadilah (keutamaan) yang luar biasa,” katanya.

Seorang relawan memberikan air dingin ke jamaah haji di Mina, Arab Saudi.
Seorang relawan memberikan air dingin ke jamaah haji di Mina, Arab Saudi. (Foto: Saudi Press Agency)

Baca juga: Tawaf Ifadhah dan Penyematan Gelar Haji

Tgk Nauratul yang merupakan alumni Dayah Putri Muslimat Samalanga itu mengutip sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Dalam hadis tersebut, dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda, “Allah mengampuni dosa orang yang haji dan orang yang ia mintakan ampunan”.

“Dalam hadis lain juga jelas tertera bahwa Rasulullah menganjurkan umatnya untuk bersilaturrahmi kepada orang yang baru pulang melaksanakan ibadah haji,” paparnya.

Diperkuat dengan penjelasan yang termaktub dalam kitab Hasyiah al-Qalyubi Juzu` II bahwa dianjurkan bagi orang yang berhaji untuk mendoakan dan meminta keampunan untuk orang yang tidak berhaji meskipun orang tersebut tidak memintanya.

Berdasarkan hal inilah, kata Tgk Nauratul, yang membuat kita menjadi semangat untuk mengunjungi kerabat dan tetangga sekembali dari Tanah Suci.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved