Breaking News:

Opini

Migas dan Kemiskinan Aceh

Migas super besar kembali ditemukan di Laut Aceh, penemuan ini dilaporkan pada 12 Juli 2022 oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu

Editor: bakri
Migas dan Kemiskinan Aceh
FOR SERAMBINEWS.COM
WAHYU ICHSAN MA, Koordinator Islamic Civilization In Malay Archipelago Forum (ICOMAF)

OLEH WAHYU ICHSAN MA, Koordinator Islamic Civilization In Malay Archipelago Forum (ICOMAF)

CADANGAN Migas super besar kembali ditemukan di Laut Aceh, penemuan ini dilaporkan pada 12 Juli 2022 oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas.

Perusahaan raksasa migas asal Inggris Harbour Energy yang dulunya bernama Primer Oil disebutkan berhasil menemukan 'harta karun' minyak dan gas bumi di Blok Andaman II yang terletak di 150 kilometer lepas pantai Pulau Rondo, Kota Sabang-Aceh.

Penemuan "harta karun" ini sepertinya luput dari perhatian mayoritas masyarakat, entah karena tersamarkan oleh pelantikan Pejabat pimpinan Provinsi dan kabupaten/ kotanya, entah karena sambutan meriah HUT lembaga keamanan negara yang berlangsung berhari-hari.

Unit usaha dari perusahaan asal Inggris itu menemukan cadangan migas di Aceh dengan volume cukup besar.

Penemuan harta karun migas tersebut diperoleh setelah menyelesaikan pengeboran sumur eksplorasi Timpan-1 pada kedalaman air 4.245 kaki.

Menurut hasil pengujian di lokasi, sumur baru itu mengalirkan gas sebesar 27 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dan 1.884 barel kondensat per hari (BOPD).

Sejumlah pihak di Aceh menyambut baik temuan tersebut.

Pemerintah Aceh melalui Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Ir Mahdinur MM menyampaikan apresiasi dan rasa syukur.

Keberhasilan ini akan menjadi barometer keberhasilan ditemukannya ‘a giant oil and gas discovery’ di Offshore Andaman III oleh Repsol Oil yang direncanakan akan dimulai pengeboran eksplorasinya pada Agustus mendatang di bawah regulator Badan Pengelola Migas Aceh.(serambinews.com 13/7/2022).

Baca juga: Pusat Lelang 3 Wilayah Kerja Migas Baru di Aceh, Jika Semua Ditemukan Sumber Migas, Aceh Maju Lagi

Baca juga: Fraksi Demokrat Sampaikan Tiga Catatan Penting, Dari Kemiskinan, Stunting Hingga Gurita SILPA

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved