Breaking News:

Kupi Beungoh

Pembangunan Perdamaian di Aceh

Lebih menyedihkan, hampir setiap tahun Aceh selalu membukukan SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) di tengah jeritan rakyat di kampung-kampung

Editor: Zaenal
Facebook / Nizar ZA
Yunidar ZA, alumni Magister Perdamaian dan Resolusi Konflik Universitas Gadjah Mada D.I Yogyakarta. 

Oleh: Yunidar Z.A*)

ACEH sebagai daerah yang kaya dengan hasil alam, mineral, minyak dan gas bumi, batu bara, perkebunan, pertanian dan hasil lautan berlimpah seyogyanya memberikan nilai lebih dan kesejahteraan bagi warga masyarakatnya.

Namun nyatanya, sebagian masyarakat Aceh masih hidup dalam kemiskinan, perumahan tidak layak huni, sanitasi, air bersih tidak memadai.

Bahkan di Kota Banda Aceh saja, yang notabene ibu kota provinsi, fasilitas air bersih masih kerap menjadi keluhan warga.

Pengangguran, banyak penyandang masalah kesejahteraan sosial, penyakit masyarakat, game online, perjudian online, narkoba, budaya nongkrong di warkop, adalah persoalan klasik yang belum terselesaikan dengan baik.

Belum lagi bicara pendidikan yang belum menjangkau semua kalangan, prasarana pendidikan belum memadai, serta pendidikan agama yang baru sebatas budaya alamiah.

Asumsi awal boleh dikatakan bahwa selama ini kepemimpinan formal di Aceh tidak optimal bahkan “gagal” dalam melaksanakan amanah pengelolaan terhadap sumberdaya alam, sumber daya buatan, dan sumber daya manusia di Aceh.

Tingginya angka kemiskinan di tengah kucuran dana pembangunan yang tergolong besar, menjadi bukti adanya kesalahan dalam tatakelola pemerintaha, serta krisis kepemimpinan pemerintahan lokal di Aceh.

Lebih menyedihkan, hampir setiap tahun Aceh selalu membukukan SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) di tengah jeritan rakyat di kampung-kampung yang belum tersentuh jalan aspal.

Tentu semua ini patut dipertanyakan sebagai koreksi agar di masa yang akan datang permasalahan ini dapat diatasi dengan baik.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved