Breaking News:

Pakarmaru USK

Mahasiswa asal Papua Lulus di FEB Lewat Jalur Beasiswa Afirmasi di USK

Bella merupakan satu dari banyak mahasiswa asal Papua yang lulus lewat jalur beasiswa Afirmasi di USK.

Penulis: Jamaluddin | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Rektor USK, Prof Dr Ir Marwan, menyerahkan doorprize kepada mahasiswa asal Papua Selatan, penerima beasiswa jalur Afirmasi pada hari terakhir Pakarmaru tahun 2022, di Gedung AAC Dayan Dawood, kampus setempat, Kamis, 4 Agustus 2022 

Laporan Jamaluddin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (USK) sudah melaksanakan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru) tahun 2022. Banyak kesan dan pesan yang didapatkan selama pelaksanaan kegiatan itu di Gedung AAC Dayan Dawood, kampus setempat pada 2-4 Agustus 2022.

Dari 6000-an mahasiswa baru di kampus ‘Jantong Ate (Jantung Hati)’ Rakyat Aceh itu, banyak di antara mereka yang berbagai daerah di Tanah Air. Pemilik nama panggilan Bella, merupakan mahasiswa terjauh yaitu dari Kabupaten Mimika, Papua Selatan.

Bagi Bela, bisa mengenyam pendidikan di kampus terbesar di provinsi ujung barat Indonesia,  ini memberikan kesan mendalam. "USK sangat bagus," kata mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USK ini, Kamis, 4 Agustus 2022.

Ia merupakan satu dari banyak Mahasiswa Asal Papua yang lulus lewat jalur beasiswa Afirmasi. Bella mengaku bersyukur bisa lulus di jurusan perbankan. Setelah lulus nanti, dirinya bertekad bisa berkontribusi nyata untuk daerahnya.

Motivasi terbesar Bella adalah menjadikan Papua Selatan yang notabene provinsi baru, bisa maju dengan SDM yang kompeten dan merata.

Rektor USK, Prof Dr Ir Marwan mengatakan, Pakarmaru menyasar pembentukan karakter serta akademik mahasiswa. Kegiatan ini dikemas cukup baik. Mahasiswa mendapatkan materi dari narasumber internal universitas, maupun eksternal seperti Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, perwakilannya, juga dari Polda Aceh dan Kodam Iskandar Muda.

"Mahasiswa harus belajar jadi enterpreneur, orang yang berani, adaptif, fleksibel, dan kolaboratif, sehingga lebih siap menghadapi apapun tantangan pekerjaan masa depan," pesan Rektor USK, Prof Dr Ir Marwan.

Sebagai daerah yang melaskanakan syariat Islam, menurutnya, Pakarmaru dimulai pukul 07.30 WIB dimana mahasiswa membacakan surah yasin berjamaah yang dipimpin seorang ustaz.

Bagi yang nonmuslim menyesuaikan dengan keyakinan masing-masing. Setelah itu, baru diisi dengan materi penting yang terkait akademik, penguatan karakter, wawasan kebangsaan, hingga ekstrakurikuler serta keorganisasian.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved