Breaking News:

Cahaya Aceh

Sandiaga Uno Kagumi Ulee Lheue Sebagai Desa Wisata, Diharapkan jadi Lokomotif Kebangkitan Ekonomi

Sandiaga mengatakan pengembangan desa wisata menjadi lokomotif dalam menjaga momentum kebangkitan ekonomi pascapandemi.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mencoba tarek pukat saat menyambangi Gampong Ulee Lheue, di pesisir Banda Aceh, Kamis (4/8/2022), sebagai gampong yang masuk nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 

Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Sandiaga Uno mengaku kagum dengan Ulee Lheue.

Menurutnya, Gampong Ulee Lheue berhasil menggabungkan wisata berbasis sejarah, alam dan budaya, sehingga membuat desa ini memiliki daya tarik unggulan untuk mampu menarik wisatawan ke desa tersebut.

Hal itu disampaikan saat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyambangi Gampong Ulee Lheue, di pesisir Banda Aceh, Kamis (4/8/2022).

“Saya harapkan kita semua bersatu padu untuk menjadikan Gampong Ulee Lheue jadi daya tarik unggulan, sehingga nantinya banyak lapangan kerja tercipta hingga bisa menghapus kenangan berat masa lalu menjadi sebuah kebangkitan kita,” ucapnya.

Lewat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Disbudpar Aceh dan BI Komitmen Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Sandiaga mengatakan pengembangan desa wisata menjadi lokomotif dalam menjaga momentum kebangkitan ekonomi pascapandemi.

Hal ini, menurutnya dibuktikan dari big data yang diterima Menparekraf bahwa dengan adanya desa wisata, peningkatan ekonomi masyarakat naik hingga 30 persen.

Ia berpesan agar pihak terkait, baik itu pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesadaran wisata masyarakat Ulee Lheue.

Pekan Raya Cahaya Aceh Jadi Momen Kebangkitan Pelaku Ekonomi Kreatif

“Pola pelatihan pendampingan itu harus diperkuat agar marketing bisa berjalan. Saya harap usai visitasi ini bagaimana kelanjutannya? Apakah (peningkatan ekonomi warga) bisa naik 35 persen? Ini yang harus kita kawal dan kita perjuangkan bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq berharap agar Menteri Sandiaga Uno bisa memberikan dukungan dengan mempromosikan wisata Banda Aceh hingga ke luar negeri.

“Ini sebuah kebanggan bagi kami, banyak manfaat saat pak menteri berkunjung ke sini, dan kami minta diberikan dukungan. Kami mohon bapak menteri agar tetap mempromosikan wisata Banda Aceh,” ujar Bakri.

Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal berpesan kepada warga agar memaksimalkan potensi sumber daya alam dan ekonomi kreatif yang dimiliki, dengan terus melakukan inovasi melalui berbagai macam produk wisata.

“Selamat kepada Desa Wisata Ulee Lheue sudah masuk 50 besar. Semoga bisa menang seperti Gampong Nusa tahun lalu,” ucap Almuniza di Ulee Lheue, Banda Aceh.(*)

Pj Gubernur Aceh Paparkan Penanganan Stunting di Depan Wapres

Pidie Concert Week, Sajian Damai Band Aksirock

Sejarah, Alam, dan Budaya Menyatu di Ulee Lheue

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved