Breaking News:

Berita Banda Aceh

DJPb Aceh Raih Realisasi APBN Tertinggi

Kanwil Direktorat Perbendaharaan (DJPb) Aceh sampai dengan semester I atau Juni 2022 sudah menyalurkan dana APBN hingga 39,90 persen

Editor: bakri
For Serambinews.com
Plt Kepala Kanwil DJPb Aceh, Zulfitri Nasran, Analis Keuangan/Investasi dari PIP Kemenkeu, Djoko Koes Hery Soeryanto dan Kadiskop UKM Banda Aceh, Nurdin dalam FGD pekan lalu di Gedung Keuangan Banda Aceh. 

BANDA ACEH - Kanwil Direktorat Perbendaharaan (DJPb) Aceh sampai dengan semester I atau Juni 2022 sudah menyalurkan dana APBN hingga 39,90 persen, dari total anggaran belanja kementerian/lembaga di wilayahnya yang mencapai Rp 14,99 triliun.

Capaian ini menempatkan Kanwil DJPb Aceh meraih prestasi sebagai Kanwil DJPb dengan persentase realisasi anggaran tertinggi untuk kategori kanwil besar secara nasional.

Pada urutan kedua ditempati oleh Kanwil Jawa Timur sebesar 39,70 persen dan ketiga ditempati oleh Kanwil Sulawesi Selatan sebesar 38,99 persen.

Sinergi yang baik antara kanwil DJPb Aceh dan stakeholder menjadi kunci tercapainya persentase realisasi anggaran tertinggi di atas sepuluh kanwil besar lainnya di seluruh Indonesia.

Plt Kepala Kanwil DJPb Aceh, Zulfitri Nasran mengatakan, sampai dengan 30 Juni 2022, belanja K/L sebesar Rp 5,98 triliun dari total pagu 14,99 triliun telah terserap.

“Capaian itu sebagai wujud nyata APBN sebagai shock absorber dampak pandemi Covid-19 telah berhasil dijalankan dengan baik oleh Kanwil DJPb Aceh.

Capaian ini lebih tinggi dari persentase penyerapan anggaran belanja K/L secara nasional yang mencapai 37,16 persen,” terangnya.

Baca juga: Mata Garuda Aceh dan DJPb Aceh Dampingi Puluhan UMKM, Bahas Pemasaran hingga Branding

Baca juga: DJPb Aceh Terapkan Reformulasi IKPA Untuk Percepatan Realisasi APBN

Zulfitri Nasran mengatakan, sejak awal tahun anggaran 2022, Kanwil DJPb Aceh telah secara masif melakukan strategi upaya peningkatan sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder dalam rangka akselerasi belanja sedini mungkin.

Beberapa kali telah dilakukan focus group discussion (FGD) terkait langkah-langkah percepatan penyerapan anggaran telah dilakukan semenjak triwulan I 2022, antara lain FGD akselerasi belanja modal dengan satker Kementerian PUPR, FGD percepatan realisasi belanja bantuan sosial Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Selain itu kanwil DJPb Aceh bersama KPPN Banda Aceh juga melakukan penguatan sinergi dengan satker-satker Dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan (DK-TP) dengan menggandeng Biro Administrasi Pembangunan (Adpem) Pemerintah Aceh.(mun)

Baca juga: Untuk Triwulan I, DJPB Aceh Targetkan Realisasi Dana Bansos capai 25 Persen, Pagunya Capai Rp 42 M

Baca juga: DJPB Aceh Targetkan Belanja Modal 10 Persen di Triwulan Pertama

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved