Breaking News:

Berita Bireuen

Ratusan Calon Mahasiswa IAI Al Aziziyah Samalanga Bireuen Ikut Seleksi

Sebanyak 643 calon mahasiswa baru Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga, Bireuen, Rabu (03/08/2022) telah berjuang ikut seleksi

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Calon mahasiswa IAI Al Aziziyah, Samalanga, Bireuen, Rabu (3/8/2022) mengikuti seleksi ujian masuk di kampus utama kompleks MUDI Samalanga, Bireuen. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Sebanyak 643 calon mahasiswa baru Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga, Bireuen, Rabu (03/08/2022) telah berjuang ikut seleksi yang digelar di kampus lantai lima
tersebut.

Sedangkan pengumuman kelulusan mahasiswa baru diumumkan dalam waktu dekat.

Kabag Humas IAI Al-Aziziyah Samalanga,  Tgk Mursalin, MH kepada Serambinews.com, Sabtu (07/08/2022) malam mengatakan peserta tes tersebar di tiga fakultas dengan tujuh program studi (prodi), yaitu
Fakultas Tarbiyah terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Selanjutnya, Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam terdiri dari prodi Ekonomi Syariah (Ekos), Ahwal Syakhsiyah (AS ).

Baca juga: Fakta-Fakta Anak Yatim Piatu 2 Bulan Tidur di Makam Ayah, Putus Sekolah Sejak SD, Bekerja Serabutan

Sedangkan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) hanya prodi Komunikasi Penyiaran Islam
(KPI) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), lanjutnya.

Tgk Mursalin yang juga guru Dayah Jam'iyah Al-Aziziyah (DJA) Kuta Glee menambahkan, para peserta tes dengan pakaian sopan sebagaimana yang telah ditetapkan panitia sangat antusias tahapan seleksi.

Ketua panitia pelaksana ujian, Tgk Nainunis MA  menambahkan, penerimaan mahasiswa baru testing dilaksanakan di kampus utama institut tersebut dengan puluhan unit daya tampung peserta tes.

"Seleksi berjalan lancar dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga selesai. Sedangkan materi tes berupa pengetahuan umum dan agama, test potensi akademik dan substantif sesuai program studi masing-masing,"
sambungnya

Tgk Nainunis yang juga Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam menjelaskan, calon mahasiswa yang mendaftar tahun ini agak lumayan, masyarakat masih sangat menaruh harapan pada lembaga yang didirikan
Abu Syekh Abu MUDI puluhan tahun silam.

Baca juga: Haikal, Alumni Dayah Darul Ulum yang Lulus Akpol

“Alhamdulillah masyarakat masih sangat menaruh harapan pada IAI Al-Aziziyah Samalanga. Jumlah
peminatnya masih di atas ketersediaan bangku kuliah. Sehingga, kami terpaksa harus melaksanakan seleksi yang ketat,” ujarnya.

Wadek Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam menambahkan salah satu ciri khas IAI Al-Aziziyah, para mahasiswanya wajib mondok di dayah.

Mungkin inilah yang menjadi daya tariknya orang tua untuk mengamanahkan anaknya kepada kami, sehingga pesertanya membludak.

Rektor IAI Al-Aziziyah Samalanga,  Teungku Muhammad Abrar Azizi  M.Kom disela-sela meninjau kesiapan panitia, memberikan semangat dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia testing.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved