Breaking News:

Berita Aceh Besar

Buka Akses Pemasaran Anyaman dari Pohon Bemban, Prodi Manajemen FEB USK Laksanakan PKM di Lamgirek

Buka akses pemasaran anyaman dari pohon Bemban, Prodi Manajemen FEB USK laksanakan PKM di Lamgirek, Aceh Besar, Minggu (14/8/2022).

Penulis: Sara Masroni | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Buka akses pemasaran anyaman dari pohon Bemban, Prodi Manajemen FEB USK laksanakan PKM di Lamgirek, Aceh Besar, Minggu (14/8/2022). 

SERAMBINEWS.COM - Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala ( FEB USK) Banda Aceh melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Gampong (desa).

Kegiatan tersebut bertema 'Melalui Peningkatan Produktivitas dan Diferensiasi Produk Produk Usaha Kerajinan Anyaman' yang dilaksanakan di Gampong Lamgirek, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Minggu (14/8/2022).

Kegiatan yang dikoordinatori oleh Prof Dr Mukhlis Yunus ini bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di gampong tersebut.

Baca juga: USK Jalin Kerja Sama dengan Karya Media, Kembangkan Ekosistem Digital Kreatif

Pemberdayaan ekonomi dimaksud dengan membuka akses pemasaran produk anyaman dari pohon bemban (Donax canniformis) yang menjadi sumber utama di Gampong Lamgirek.

Pihaknya menaruh harapan agar kegiatan ini bisa membangkitkan kembali ekonomi di tengah masyarakat, khususnya warga di gampong tersebut

"Fakultas ekonomi USK tidak hanya menjadi menara gading bagi masyarakat, tapi mampu menjadi menara air yang dapat mendorong dan mengatasi masalah yang belum teratasi di tengah masyarakat," ungkap Dekan FEB USK Prof Dr Faisal MA kepada media ini.

Baca juga: Mahasiswa asal Papua Lulus di FEB Lewat Jalur Beasiswa Afirmasi di USK

Kemudian pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan silaturahmi antara perguruan tinggi dan masyarakat.

"Dan juga menjadi jembatan penghubung antara perguruan tinggi dalam melakukan transfer pengetahuan pada masyarakat," kata Prof Faisal.

"Tidak hanya melalui bangku kuliah, tapi turun langsung ke masyarakat," pungkasnya.

Baca juga: Dua Rektor Bertemu, USK dan UIN Ar-Raniry Siap Adakan Kegiatan Secara Bersama

Sementara Keuchik Gampong Lamgirek, Khalid mengharapkan, ada inovasi produk dan pemasaran yang lebih luas terhadap produk anyaman yang mereka produksi.

Termasuk akses mendapatkan bahan baku yang lebih mudah dan terjangkau.

"Dengan PKM ini, kami berharap adanya ide keberagaman produk dan akses pemasaran yang lebih luas," tutup Khalid.

(Serambinews.com/Sara Masroni)

Baca juga: Singkat, Ini 9 Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Arab Selain Barakallah Fii Umrik

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved