Breaking News:

Berita Langsa

Tim PKM Unsam Langsa Latih Warga Pesisir Manfaatkan Air Laut Menjadi Garam Kosumsi dan Produksi

Tim PKM Dosen Universitas Samudra (Unsam) menggelar penyuluhan dan pelatihan teknis pemanfaatan air laut menjadi garam industri dan garam konsumsi

Penulis: Zubir | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Tim PKM Dosen Universitas Samudra (Unsam) menggelar penyuluhan dan pelatihan teknis pemanfaatan air laut menjadi garam industri dan garam konsumsi dengan metode rumah prisma. Tim PKM kolaborasi antara Fakultas Pertanian dan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsam ini juga memberikan bantuan mesin bor kepada masyarakat pesisir di Gampong Simpang Lhee, Kecamatan Langsa Baro 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Tim PKM Dosen Universitas Samudra (Unsam) menggelar penyuluhan dan pelatihan teknis pemanfaatan air laut menjadi garam industri dan garam konsumsi dengan metode rumah prisma. 

Tim PKM kolaborasi antara Fakultas Pertanian dan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsam ini juga memberikan bantuan mesin bor kepada masyarakat pesisir di Gampong Simpang Lhee, Kecamatan Langsa Baro. 

Dosen terlibat dalam kegiatan ini Rozalina, SP, M.Si (Fakultas Pertanian Jurusan Agribisnis) sebagai ketua, dan anggota Ainul Mardiyah, SP, MP (Fakultas Pertanian Juruasan Agroteknologi), Ekariana S. Pandia SSi, MPd (Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).

Kegiatan ini juga dibantu Dosen Fakultas Tehnik Kimia dari Universitas Malikul Saleh Lhokseumawe saudara Nasrul Z.A, S.T, M.T, sebagai tim ahli dalam hal proses dan pengukuran kadar garam di lokasi pengabdian. 

Ketua Tim PKM, Rozalina, SP, M.Si, Jumat (19/8/2022), mengatakan, kegiatan Pengabdian ini di laksanakan bertujuan untuk memberikan alternatif kepada masyarakat yang berada di pesisir laut.  

Baca juga: Hendak Dijual ke Medan, Truk Tronton Bermuatan 51 Kayu Balok Dicegat di Depan Mapolres Langsa

Menurutnya, hasil observasi di Gampong Simpang Lhee ini bahwa di daerah tersebut memiliki potensi alam yang belum di kembangkan oleh masyarakat setempat. 

Oleh karena itu, di Gampong Simpang Lhee dapat memanfaatkan air laut untuk menjadi garam yang dikeringkan melalui rumah prisma.

Jadi berdasarkan permasalahan, maka tim pengabdian dosen merancang kegiatan pelatihan untuk memberikan pendampingan dan solusi di gampong ini yang dimulai sejak Juni hingga September 2022.

Selain itu, Tim PKM Dosen Universitas Samudra juga memberikan bantuan berupa mesin bor dan rumah prisma.

Sehingga hasilnya maksimal sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta membuka lapangan kerja. 

Sarana yang diberikan ini sesuai kebutuhan masyarakat untuk memanfaatkan porensi air asin di kawasan pesisir ini untuk dijadikan garam. 

Baca juga: Mabes Polri: CCTV Sesaat Kejadian Berhasil Ditemukan, Istri Ferdy Sambo Tersangka

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar dan dapat memberikan solusi bagi Masyarakat Gampong Simpang Lhee," ujarnya. 

Ainul Mardiah menambahkan, solusi yang ditawarkan adalah dengan teknologi sederhana yang memanfaatkan air laut menjadi garam. 

Selain itu juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta dapat membantu dan memberi solusi pada masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat Gampong Simpang Lhee dapat meningkatkan pendapatan.

Baca juga: Viral Murid SD Diusir dari Barisan Pawai karena Baju Seragamnya Kusam, Begini Nasibnya Sekarang

Dengan cara memanfaatkan potensi yang ada di sekitar mereka sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. 

“Semoga dengan kehadiran tim PKM di Desa Simpang Lhee dapat membantu masyarakat mengatasi kesulitan ekonomi,” harap dosen ini.

Keuchik Gampong Simpang Lhee, Ismail, mengucapkan terima kasih atas perhatian pihak Tim PKM Unsam dan semoga melalui pengabdian ini nantinya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik. (*)

Baca juga: 2 Polisi dan 2 Warga Ditusuk saat Tangkap Penadah Curanmor di Tangerang, Korban Alami Luka Sobek

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved