Breaking News:

Berita Langsa

Hendak Dijual ke Medan, Truk Tronton Bermuatan 51 Kayu Balok Dicegat di Depan Mapolres Langsa

"Ketika dilakukan pemeriksaan, ditemukan bahwa dokumen yang dibawa oleh sopir truk tronton itu tidak sah," ujar Iptu Imam Azis.

Penulis: Zubir | Editor: Nurul Hayati
Foto: Humas Polres Langsa
Mobil truk tronton merk Mitsubishi yang mengangkut 51 batang jenis kayu balok gelondongan diamankan di Mapolres Langsa. 

"Ketika dilakukan pemeriksaan, ditemukan bahwa dokumen yang dibawa oleh sopir truk tronton itu tidak sah," ujar Iptu Imam Azis.

Laporan Zubir | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Satuan Reserse Kriminal Polres Langsa berhasil mengamankan sebanyak 51 batang jenis kayu balok gelondongan yang diangkut menggunakan mobil truk tronton merk Mitsubishi nopol BK 8002 FG.

Aparat juga mengamankan dua orang diantaranya yaitu, sopir RZ (33) alamat Desa U Gaeng Kecamatan Keumala, dan kernek MU (38) alamat Desa Tuha Suwiek Desa, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Pidie.

Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro SH SIK MH, melalui Kasat Reskrim Iptu Imam Aziz Rachman STK, Jumat (19/8/2022), menyebutkan, kini 1 unit truk tronton beserta 51 batqng kayu balok ini telah diamankan di Mapolres Langsa. 

Kasat Reskrim menjelaskan, pada Sabtu (13/8/2022) sekitar pukul 20.00 WIB anggota Sat Reskrim menerima Informasi dari masyarakat adanya 1 unit mobar jenis truk tronton dari Arah Banda Aceh menuju Kota Medan.

Dimana truk tronton warna hitam kombinasi diduga keras mengangkut atau membawa sebanyak 51 kayu gelondongan tidak dilengkapi dokumen yang sah.

Atas adanya informasi tersebut, anggota Sat Reskrim Polres Langsa langsung melakukan penyelidikan keberadaan kayu tanpa dokumen yang sah dimaksud.

Kemudian sekitar pukul 21.00 WIB, anggota Sat Reskrim berhasil mendeteksi keberadaan dan memberhentikan laju mobil truk tronton yang sedang melintas di depan Mapolres Langsa.

Saat itu, petugas melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan barang yang diangkut di mobil truk tronton tersebut.

Baca juga: Petugas Temukan Bukti Perambahan Hutan Kasus Truk Kayu Tak Berdokumen, Sopir Wajib Lapor

"Ketika dilakukan pemeriksaan, ditemukan bahwa dokumen yang dibawa oleh sopir truk tronton itu tidak sah," ujar Iptu Imam Azis.

Kasat Reskrim menambahkan, anggota Sat Reskrim Polres Langsa berkoordinasi dengan KPH Wilayah III Aceh sebagai ahli dalam perkara tersebut.

Sesuai keterangan ahli setelah dilakukan pengecekan bahwa 51 kayu bulat yang diangkut truk tronton tersebut, dengan dokumen yang dibawa tidak sesuai dan juga tidak sah.

Malam itu juga, RZ dan MU serta truk tronton dipenuhi muatan kayu balok gelondongan ini langsung diamankan ke Mapolres Langsa untuk dilakukan proses lebih lanjut. 

Dari pengakuan tersangka RZ dan MU bahwa mereka hendak membawa atau menjual kayu gelondongan tersebut ke daerah Tembung  Kota Medan, Sumatera Utara.

Tersangka RZ dan MU dapat disangkakan telah melakukan tindak pidana mengangkut, menguasai kayu dari kawasan hutan tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

Sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 83  Jo Pasal 88 UU No 18 tahun 2013 tentang Pencegahan Pengrusakan  Hutan Subs pasal 50 ayat 2 UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. 

Ancaman pidana paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 1.000.000.000. (*)

Baca juga: VIDEO Tim Patroli KPH III Aceh Amankan Truk Bermuatan Kayu Balok Tanpa Dokumen di Langsa

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved