Breaking News:

Berita Banda Aceh

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Isi Kuliah Umum di Politeknik Kepulauan Simeulue

Dalam kesempatan itu Edi Yandra menyampaikan materi tentang literasi dengan tema Meningkatkan Budaya Minat Baca dan Pengetahuan Literasi bagi Mahasisw

Penulis: Yarmen Dinamika | Editor: Amirullah
For Serambinews
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr Edi Yandra MSP (pakai syal) foto bersama Pembina Yayasan Politeknik Kepulauan Simeulue dan sivitas akademika di kampus itu sesuai Edi Yandra menyampaikan kuliah umum tentang literasi, Selasa (23/8/2022). 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA), Dr Edi Yandra MSP, diundang untuk memberikan kuliah umum (studium generale) kepada sivitas akademika Politeknik Kepulauan Simeulue, Selasa (23/8/2022).

Dalam kesempatan itu Edi Yandra menyampaikan materi tentang literasi dengan tema Meningkatkan Budaya Minat Baca dan Pengetahuan Literasi bagi Mahasiswa.

Stadium generale tersebut berlangsung satu jam lebih di Sekolah Dasar Negeri 10 Simeulue Timur sebagai kampus sementara Politeknik Kepulauan Simeulue.

Dalam ceramahnya, Dr Edi Yandra mengatakan, mahasiswa merupakan garda terdepan yang menentukan maju mundurnya nasib sebuah negara.

"Begitu juga halnya di bidang literasi, di mana mahasiswa sebagai bagian dari kaum muda dan agen perubahan, memiliki peran yang sangat besar dalam hal meningkatkan literasi di Aceh. Mahasiswa memiliki peran penting dalam meningkatkan dunia literasi," ujar Edi Yandra.

Baca juga: Piala Dunia 2022 Penuh Skandal, Nama Qatar Makin Tercoreng, Terbaru 60 Pekerjan Imigran Ditangkap

Atas dasar itu, Edi Yandra berharap mahasiswa Politeknik Kepulauan Simeulue dapat mengampanyekan literasi, khususnya budaya dan minat baca, di Simeulue.

Edi juga menyampaikan bahwa DPKA kini memiliki aplikasi buku digital iPustakaAceh (sejak akhir 2018) yang dapat diakses oleh siapa saja dan di mana saja, termasuk mahasiswa di Kepulauan Simeulue.

"Kami juga siap membantu buku untuk kampus ini. Untuk itu, segera ajukan proposal kepada kami dan akan kami usahakan untuk menyediakan bahan-bahan bacaan tersebut," ujarnya.

Edi Yandra menambahkan bahwa pihaknya saat ini sedang fokus melaksanakan kegiatan kampanye membaca di kabupaten/kota terluar Provinsi Aceh maupun di perbatasan Aceh-Sumatera Utara. Di antaranya di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, dan Kabupaten Simeulue.

Baca juga: Oknum Polisi Anggota Polres Dumai Ditangkap, Terlibat Peredaran Pil Ekstasi

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan budaya baca di kalangan masyarakat Aceh secara menyeluruh," tuturnya.

Sementara itu, Dr Ami Haris MPd, Pembina Yayasan Politeknik Kepulauan Simeulue, mengatakan pihaknya siap membantu DPKA dalam hal mengampanyekan dunia literasi di kalangan masyarakat Simeulue.

"Kami sepakat seperti yang dikatakan oleh Pak Edi tadi, di mana mahasiswa merupakan agen perubahan dan mahasiswa juga memiliki peran penting dalam meningkatkan dunia literasi. Oleh karena itu, kami dari Kampus Politeknik Kepulauan Simeulue siap mengampanyekan dunia literasi di Simeulue," ujarnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved