Breaking News:

Mihrab

Kebiasaan di Dunia, akan Terbawa saat Sakratul Maut

Jika kebiasaan itu baik dan positif sekaligus membawa kebaikan bagi dirinya sendiri dan orang lain itu maka itu sudah terbentuk jati dirinya

Editor: bakri
For Serambinews.com
Ustaz Dr Irwan Saputra, SKep, MKM saat mengisi pengajian rutin KWPSI, Rabu (24/8/2022) malam, di Gedung PWI Aceh, kawasan Simpang Lima, Banda Aceh. 

MENJADI pribadi yang tangguh bagi setiap muslim dapat dilihat dari perilaku dan kebiasaan yang dilakukannya sehari-sehari.

Jika kebiasaan itu baik dan positif sekaligus membawa kebaikan bagi dirinya sendiri dan orang lain itu maka itu sudah terbentuk jati dirinya (karakter) yang tangguh.

Namun sebaliknya jika kebiasaan buruk dilakukan maka itu akan membawa petaka apalagi saat ajal menjemput.

Hal itu disampaikan oleh Ustaz Dr Irwan Saputra S Kep, MKM saat mengisi pengajian rutin KWPSI, Rabu (24/8/2022) malam di gedung PWI Aceh Kawasan Simpang Lima.

Kajian tersebut mengambil tema “Menjadi Pribadi Tangguh Bebas Candu Dunia”.

Ustaz Irwan mengungkapkan, ketika suatu kebiasaan buruk itu dilakukan apalagi candu dengan dunia, maka itu akan berpengaruh kepada manusia itu saat menghadapi sakaratul maut.

Ketika sakaratul maut, Allah swt sudah mematikan dahulu sel otak belakang, sehingga manusia itu tidak lagi bisa berfikir, berbicara apalagi bergerak.

Tapi hanya merasakan dan melihat kebiasaan yang dilakukannya semasa hidup.

“Kebiasaan yang dilakukan semasa hidupnya itu disebabkan karena ada hormon dopamin yakni hormon yang membuat seseorang candu dan merangsang kebiasaan untuk melakukan suatu perbuatan secara terus menerus.

Baca juga: Hikmah Ibadah Puasa Ramadhan, Simak Penjelasan Dr Nurkhalis Mukhtar Pada Kajian Ramadhan KWPSI

Baca juga: KWPSI dan Serambi FM Siarkan Dialog Interaktif Ramadhan 1442 H, Ikuti Setiap Pagi dan Tanya Langsung

Oleh karenanya dia hanya mengingat dan merasakan kebiasaan yang sudah direkam oleh otak belakang,” kata Ustaz Irwan yang juga seorang dokter.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved