Breaking News:

Berita Politik

PAR Gugat KIP ke Bawaslu Aceh, Khaidir TM Minta Partainya Diloloskan Sebagai Peserta Pemilu 2024

“Berarti IT Sipol tidak error dan layak untuk terdaftar menjadi salah satu calon peserta Pemilu 2024 dan dengan tahapan berikutnya,” terang Khaidir.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Saifullah
PAR Gugat KIP ke Bawaslu Aceh, Khaidir TM Minta Partainya Diloloskan Sebagai Peserta Pemilu 2024
For Serambinews.com
Ketua Umum Partai Amanah Reformasi (PAR), Ir Khaidir TM, MM.

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh menerima aduan perdana terkait dugaan pelanggaran administrasi dari partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2024.

Aduan tersebut datang dari partai politik lokal (parlok) yaitu Partai Amanah Reformasi (PAR) yang menggugat Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh ke Bawaslu Aceh.     

Ketua Umum PAR, Ir Khaidir TM, MM yang dikonfirmasi Serambinews.com, Minggu (28/8/2022) malam, membenarkan, bahwa pihaknya mengugat KIP Aceh karena diduga melanggar administrasi Pemilu 2024.

Gugatan itu terkait dengan gagalnya parlok baru tersebut menjadi partai politik calon peserta Pemilu 2024 mendatang karena tidak memenuhi persyaratan pendaftaran.  

Khaidir TM menyakini, PAR sudah menginput data keanggotaan partai 100% di akun Sipol sebelum mendaftar ke KIP Aceh pada Minggu 14 Agustus 2022 pukul 23.57 WIB, atau tiga menit sebelum pendaftaran ditutup.

“Secara IT Sipol KPU, PAR dinyatakan lulus 100% dan semua lengkap,” klaimnya.

Baca juga: PAR Gugat KIP Aceh, Tak Terima Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat, Besok Sidang Putusan di Bawaslu

“Berarti IT Sipol tidak error dan layak untuk terdaftar menjadi salah satu calon peserta Pemilu 2024 dan dengan tahapan berikutnya,” terang Khaidir.

Dalam gugatannya tersebut, Khaidir TM meminta KPU dan KIP Aceh meloloskan kembali PAR sebagai salah satu peserta Pemilu 2024.

“Andaikan juga ada yang kurang, harus diberi kesempatan untuk perbaiki karena masih tahap pendaftaran,” pintanya.

“Andaikan KPU dan KIP tidak boleh perbaikan, itu namanya bukan pendaftaran, akan tetapi buat saja ketetapan atau keputusan,” demikian Ketum PAR, Khaidir TM.

Untuk diketahui, Partai Amanah Reformasi (PAR) menjadi satu-satunya partai politik lokal calon peserta Pemilu 2024 yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan pendafataran oleh KIP Aceh.

Masa pendaftaran itu sendiri sudah dibuka selama 14 hari dari tanggal 1-14 Agustus 2022.

Baca juga: 7 Parlok Mendaftar ke KIP Aceh, Satu Partai Gagal Penuhi Syarat Pendaftaran

Namun partai yang diketuai  Ir Khaidir TM, MM itu baru mendaftar tiga menit sebelum penutupan pada Minggu (14/8/2022) pukul 23.57 WIB.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved