Breaking News:

KUPI BEUNGOH

Jurus Sun Tzu Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki

Pj Gubernur Aceh dengan cepat menemukan lima isu kunci, yaitu kemiskinan, kesehatan (stunting), inflasi, Indeks Pembangunan Manusia, dan dana otsus.

FOR SERAMBINEWS.COM
Risman Rachman, pemerhati politik dan pemerintah Aceh. 

Oleh: Risman Rachman*)

USAI dilantik sebagai Pj Gubernur Aceh pada Rabu (6/7/2022), Achmad Marzuki langsung memakai jurus Sun Tzu berupa “kenali dirimu, kenali lawanmu, kenali medan pertempuranmu”.

Kenali diri artinya, sebagai Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki menyadari bahwa sebagai petinggi eksekutif, dirinya bukan lagi petinggi militer.

Karena itu, kunci kesuksesannya bukan lagi pada sistem komando melainkan pada kemampuan menghadirkan konsolidasi melalui jalinan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi.

Terbukti, usai dilantik berbagai kegiatan silaturahmi dilakukan, tidak terbatas dengan internal eksekutif tapi juga dengan mitra legislatif serta meluas dengan berbagai pihak, termasuk dengan ulama, jusrnalis dan lembaga swadaya masyarakat.

Kenali lawanmu artinya, sebagai Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki memperbaiki suasana batin politik Aceh, yang awalnya tidak harmonis menjadi semakin komunikatif. Semua komponen diajak untuk bersama-sama ambil peran dalam memperbaiki Aceh.

Baca juga: Pj Gubernur Aceh Minta Dukungan Luhut Agar Geotermal Seulawah Bisa Segera Dieksplorasi

Terbukti, dalam berbagai kesempatan Achmad Marzuki senantiasa mengajak berbagai pihak dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan olehnya. Minimal, mengkomunikasikan apa yang sudah dilakukan, yang dipandang dapat memberi dampak baik bagi Aceh.

Kenali medan pertempuran artinya, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki secara cepat memetakan apa saja yang sedang menjadi pernasalahan Aceh dan itu menjadi isu sorotan berbagai pihak.

Dengan kemampuan koordinasi internal dan jalinan pertemanan dengan berbagai pihak, Pj Gubernur Aceh dengan cepat menemukan lima isu kunci, yaitu kemiskinan, kesehatan (stunting), inflasi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan dana otsus.

Dengan mengenali medan pertempuran pada lima masalah kunci itu, Pj Gubernur Aceh lalu menemukenali potensi di atas dan di dalam bumi Aceh yang dapat didayagunakan untuk mengatasi 5 isu utama.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved