Breaking News:

Kupi Beungoh

Peluang dan Tantangan Pendidikan di Era Pj Gubernur Aceh

Beberapa tahun terakhir masyarakat Aceh sempat optimis dengan program Aceh Carong yang sempat menjadi program unggulan Pemerintah Aceh

Editor: Muhammad Hadi
Dok Pribadi
Mulyadi Nurdin, Lc, MH, Kepala BKPSDM Pidie/ Alumni Lemhannas RI/ Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Aceh tahun 2017-2018) 

Oleh Mulyadi Nurdin, Lc, MH*

Pendidikan sering mendapat perhatian besar publik Aceh. Setiap ada publikasi terkait pendidikan selalu mendapat atensi besar dari masyarakat terutama di media sosial.

Bisa jadi itu sebagai wujud perhatian masyarakat yang terlanjur menaruh ekspektasi tinggi terhadap pembangunan pendidikan Aceh.

Ekspektasi tinggi tersebut menjadi tantangan tersendiri dalam membangun Pendidikan Aceh.

Ekspektasi itu setidaknya didasari oleh berbagai regulasi yang memberikan kewenangan luas kepada Aceh, serta mengharuskan Pemerintah Aceh mengalokasikan dana yang besar untuk sektor pendidikan setiap tahun.

Beberapa tahun terakhir masyarakat Aceh sempat optimis dengan program Aceh Carong yang sempat menjadi program unggulan Pemerintah Aceh, namun lama-lama gaungnya makin meredup.

Mutu pendidikan Aceh terlihat fluktuatif dari tahun ke tahun, indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pendidikan juga berbeda tergantung perpektif dari pembuat rating tersebut.

Baca juga: Disdik Gandeng DSI dan ISAD Untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan Berbasis Syariat Islam

Biasanya yang sering dijadikan indikator mutu pendidikan adalah seberapa banyak pendaftar yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Walaupun hal itu bukan satu-satunya cara untuk memetakan kualitas pendidikan di Aceh secara konprehensif, setidaknya menjadi acuan dalam menilai sejauh mana kemampuan siswa Aceh saat berkompetisi secara nasional.

Terkait pentingnya pendidikan Aceh sudah ditegaskan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian saat melantik Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki di ruang paripurna DPR Aceh, (6/7/2022) lalu.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved