Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Polisi Tangkap Dua Penimbun BBM Subsidi, Terancam Enam Tahun Penjara

Tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lhokseumawe menangkap dua pria yang diduga terlibat dalam penimbunan bahan bakar minyak (BBM)

Editor: bakri
Istimewa
AKBP Henki Ismanto SIK 

LHOKSEUMAWE - Tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lhokseumawe menangkap dua pria yang diduga terlibat dalam penimbunan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi.

Dalam menjalankan perbuatannya, mereka menggunakan modus mesin pompa untuk mengisi ke dalam jerigen yang diisi dari dalam tangki mobil dum truk.

Polisi mengungkap kasus tersebut dengan memantau di salah satu SPBU Kota Lhokseumawe, dan mendapatkan mobil dum truk yang sudah dimodifikasi.

Polisi berhasil mengamankan dua tersangka berinisial MK (sopir), dan AA (kernet).

Mereka ditangkap polisi pada Minggu, 4 September 2022 di kawasan Gampong Pusong Baru, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto SIK melalui Kasat Reskrim, AKP Zeska Julian Taruna Wijaya didampingi KBO Reskrim, Iptu J Situmorang menjelaskan, sebelumnya unit Tipiter mendapatkan informasi adanya penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi berupa solar.

Kemudian, anggota polisi menindaklanjuti hingga melakukan penangkapan terhadap dua tersangka, serta satu unit mobil dump truk.

Lalu, kedua tersangka itu berdasarkan hasil penyelidikan, yaitu satu sopir dan kernet dengan menggunakan modus yaitu membuat lubang di atas bak mobil truk tersebut yang tersambung ke tangki minyak.

"Jadi mereka berdua mengakali saat beli BBM solar subsidi itu dengan modus mengisi minyak BBM di salah satu SPBU Lhokseumawe dengan kesepakatan mereka.

Baca juga: 2 Pelaku Penimbun Solar Subsidi di Nagan Raya Ditangkap, 18 Jeriken BBM dan Dua Mobil Diamankan

Baca juga: Polisi Tangkap Pelaku Penimbun Solar Subsidi di Nagan Raya, 18 Jeriken BBM dan Dua Mobil Diamankan

Baca juga: Kapolres Aceh Timur Janji Tindak Tegas Penimbun BBM Subsidi

Di saat petugas mengisi bahan bakar minyak ke tangki truk, kerne naik ke bak mobil untuk menghidupkan mesin pompa dan menyedot minyak dalam tangki dimasukan ke dalam jerigen,” jelas AKP Zeska Julian, kepada Serambi, Selasa (6/9/2022).

Artinya, sambung kasat reskrim, setiap pengisian ini disedot ke atas sehingga polisi menemukan 17 jerigen di dalam bak mobil truk tersebut.

Di antaranya 11 jerigen sudah berisi penuh, dan sisa lainnya masih kosong.

“Menurut pengakuan dari pelaku, keduanya disuruh oleh seorang warga berinisial WH.

Kini, dia masuk Daftar Pencarian Orang (DPO),” terangnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved