Breaking News:

Berita Banda Aceh

UIN Gelar Workshop Penyusunan Mutu Kampus

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan workshop review dan penyusunan doku- men mutu selama tiga hari

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr Muhammad Yasir Yusuf SAg MA melakukan foto bersama para civitas akademika dan peserta workshop penyusunan mutu, Selasa (17/9/2022). 

BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan workshop review dan penyusunan dokumen mutu selama tiga hari, sejak 20–22 September 2022 di Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

Workshop ini digelar sebagai evaluasi untuk penyempurnaan dokumen mutu di kampus tersebut.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman mengatakan, dokumen mutu UIN Ar-Raniry sudah hampir sepuluh tahun diimplimentasi.

Sementara dalam perjalanan cukup banyak peru- bahan di Dikti baik pada tataran peratur- an maupun standar nasional pendidikan tinggi.

“UIN Ar-Raniry harus menyesuai- kan dengan ketentuan-ketentuan yang baru,” kata Rektor saat membuka work- shop tersebut.

Prof Mujib lebih lanjut menjelaskan, bahwa dokumen mutu sangat penting sebagai pijakan dasar penetapan, pe- laksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan mutu di UIN Ar-Raniry.

Setidaknya kata dia, ada empat dokumen mutu yang perlu dibuat dan dikembangkan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yaitu pedoman kebijakan mutu, pedoman ma- nual mutu, pedoman standar mutu, dan pedoman audit mutu internal(AMI).

“UIN Ar-Raniry tahun 2023 akan mela- kukan reakreditasi akreditasi perguruan tinggi (APT) untuk mencapai akreditasi unggul.

Baca juga: UIN Ar Raniry Dukung Jalur Rempah Diusul ke UNESCO

Baca juga: FISIP UIN Ar-Raniry dan LAN RI Gelar Workshop Administrasi Digital

Untuk mencapa hal tersebut, maka keterlibatan saudara-saudara sangat penting dan mendasar.

Keberadaan dan kemajuan UIN Ar-Raniry ke depan sangat tergantung kepada saudara-sau- dara yang terlibat dalam penyusunan do- kumen mutu ini,” katanya.

Lebih lanjut, katanya, UIN Ar-Raniry memerlukan pemikiran dan sinergisi- tas kerja yang melampau standar biasa- biasa saja.

Rektor menegaskan akan memberi dukungan penuh terhadap hal tersebut.

“UIN Ar-Raniry perlu mengem- bangkan standar mutu yang dapat memastikan unggul, inovatif, agamis, nasi- onalis, dan responsif,” urai Prof Mujib.

Sementara itu, Ketua Panitia, Khatib A Latief yang juga sebagai Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu LPM, menga- takan bahwa tujuan workshop adalah un- tuk mereview dokumen mutu UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan melatih tim penyusunan dokumen mutu.

Diharapkan, melalui kegiatan itu memperoleh pengetahuan dasar dan praktek untuk mengembangkan sistem penjaminan mutu program studi, memperoleh pengetahuan dan keterampilan menyusun dokumen SPMI program Studi, serta mampu menyusun borang ak- reditasi program studi. (dan)

Baca juga: Gantikan Dr. Nurchalis Sofyan, Dr. Syahminan Dilantik Jadi Kepala Mahad Al-Jamiah UIN Ar-Raniry

Baca juga: UIN Ar-Raniry Juara 3 Nasional Lomba Media Pembelajaran Matematika

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved