Breaking News:

Kuliah Umum

Sekjen PDIP Isi Kuliah Umum di UIN Ar-Raniry

Bung Karno sangat mengagumi Aceh karena semangat patriotismenya dan tak mudah menyerah.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto didampingi Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman mengisi kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh pada Jumat (23/9/2022) 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengisi kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh saat melakukan kunjungan kerja ke Aceh pada Jumat (23/9/2022).

Di hadapan civitas kampus dan mahasiswa, Hasto berbicara tentang “Api Islam, Nasionalisme dan Pancasila dalam Pemikiran Bung Karno”. Kehadiran Hasto disambut Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman.

Hasto hadir bersama Anggota DPR Fraksi PDIP yang juga Ketua Umum Pagar Nusa Gus Nabil Haroen, Fungsionaris PDIP Pulung Agustanto, Kepala Sekretariat PDIP Yoseph Aryo Adhie Dharmo, serta Ketua PDIP Aceh Muslahuddin Daud dan pengurus lain.

Hasto menyatakan bahwa Bung Karno sangat mengagumi Aceh karena semangat patriotismenya dan tak mudah menyerah. Namun, kedekatan itu berusaha diputus melalui isu-isu terkait agama. 

“Pada 1965, Bung Karno mendapat gelar pendekar dan pembebas bangsa Islam. Kenapa tak ada di dokumen sejarah kita?” kata Hasto sambil bertanya.

Karena hal tersebut, sambung Hasto, membuat dirinya melakukan penelitian soal geopolitik Soekarno lewat disertasinya di Universitas Pertahanan RI. 

Dengan itu, Hasto ingin menunjukkan soal dasar Indonesia merdeka dan bagaimana seharusnya orang Indonesia bergerak keluar (outward looking).

“Bahwa kompetitor kita adalah bangsa luar yang melakukan kolonialisme dan imperialisme, bukan melawan anak bangsa sendiri,” imbuh Hasto. 

“Jangan lagi kita cenderung berantem antar anak bangsa padahal yang kita hadapi adalah bangsa-bangsa asing yang akan terus berusaha kembali menjajah kita,” tegasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved