Breaking News:

Berita Banda Aceh

Momentum Menjemput Wisatawan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, wisatawan mancanegara (wisman) yang melancong ke Aceh

Editor: bakri
For Serambinews.com
Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal 

BANDA ACEH – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, wisatawan mancanegara (wisman) yang melancong ke Aceh saban tahun didominasi wisatawan dari negeri jiran Malaysia.

Namun, saat pandemi Covid melanda Tanah Air, kunjungan wisman sempat anjlok.

Jadi, sehubungan dengan dibukanya kembali penerbangan internasional Banda Aceh (BTJ)-Kuala Lumpur (KUL) pada 3 Oktober mendatang, ini menjadi momentum penting dalam menggairahkan kembali kunjungan wisman ke Aceh, khususnya wisatawan dari negeri jiran Malaysia.

“Dibukanya kembali akses penerbangan internasional KUL-BTJ dan sebaliknya sebanyak 2 kali seminggu oleh maskapai AirAsia pada awal bulan depan pastinya sudah sangat dinantikan wisatawan Malaysia maupun jasa pariwisata di Aceh,” ujarnya.

Disbudpar Aceh lanjut Almuniza Kamal, akan merespons kabar baik ini, salah satunya dengan bersinergi atau bekerja sama dengan pelaku pariwisata dengan memanfaatkan pembukaan rute penerbangan itu untuk membangkitkan pariwisata Aceh.

“Insya Allah, Disbudpar akan menggelar rapat konsolidasi dengan seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan di sektor kepariwisataan mengenai hal ini pada hari Selasa, 27 September 2022,” ujarnya.

Ia berharap, pelaku pariwisata dapat melahirkan paket-paket promosi dan perjalanan wisata agar kunjungan wisman ke Aceh kembali meningkat, sehingga berdampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sebelumnya, Wakil Ketua I DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Aceh, Muhajir juga mengungkapkan bahwa wisatawan mancanegara yang lebih sering menggunakan jasa pramuwisata Aceh selama ini adalah dari negeri jiran Malaysia.

"Selama ini andalan kita memang wisatawan dari Malaysia, karena mereka yang paling banyak menggunakan jasa pramuwisata kita," kata Muhajir sebagaimana dilansir Antara belum lama ini.

Baca juga: Turis Asing Kesulitan Berwisata di Aceh, Berapa Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tahun 2022?

Baca juga: Isu Kembali ke Bank Konvensional Mencuat Usai Turis Sulit Tarik Uang, Akademisi: Gak Ada Gigi Atrek

Muhajir menyampaikan, kondisi tersebut dirasakan sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved