Breaking News:

Berita Banda Aceh

Laksanakan Putusan PTUN Banda Aceh, KIP Aceh Terima Pendaftaran Partai Amanah Reformasi Aceh 

"Dimana dalam pertemuan ini, KIP Aceh mencabut tanda pengembalian data dan dokumen persyaratan pendaftaran PAR Aceh tanggal 14 Agustus 2022 yang lalu

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nurul Hayati
SERAMBINEWS.COM/HENDRI
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Aceh, Munawarsyah. 

"Dimana dalam pertemuan ini, KIP Aceh mencabut tanda pengembalian data dan dokumen persyaratan pendaftaran PAR Aceh tanggal 14 Agustus 2022 yang lalu beserta lampirannya dan menyampaikan tanda terima pendaftaran dan dokumen persyaratan pendaftaran," ujar Munawarsyah.

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - KIP Aceh akhirnya menerima pendaftaran Partai Amanah Reformasi (PAR) Aceh yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi persyaratan pendaftaran.

Keputusan itu menindaklanjuti putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh Nomor 23/G/SPPU/2022/PTUN-BNA yang dalam amar putusannya antara lain, mewajibkan KIP Aceh untuk menerima pendaftaran, melakukan verifikasi administrasi dan perbaikan dokumen persyaratan PAR Aceh. 

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh Munawarsyah kepada Serambinews.com, Senin (25/9/2022) untuk kepastian hukum dalam pelaksanaannya, KIP Aceh menetapkan Keputusan Nomor 25 Tahun 2022 sebagai pedoman teknis pelaksanaan yang ruang lingkupnya meliputi rincian tahapan penerimaan pendaftaran, verifikasi administrasi, dan perbaikan dokumen persyaratan serta tata cara pendaftaran, verifikasi administrasi, dan perbaikan dokumen persyaratan PAR Aceh pasca putusan PTUN Banda Aceh tersebut di atas. 

"Pada hari ini, Senin, 26 September 2022, telah melakukan pertemuan dengan pimpinan partai politik lokal PAR Aceh dan Admin Sipol-nya yang turut dihadiri oleh Panwaslih Aceh di Aula KIP Aceh dalam rangka mensosialisasikan Keputusan KIP Aceh Nomor 25 Tahun 2022," katanya.

"Dimana dalam pertemuan ini, KIP Aceh mencabut tanda pengembalian data dan dokumen persyaratan pendaftaran PAR Aceh tanggal 14 Agustus 2022 yang lalu beserta lampirannya dan menyampaikan tanda terima pendaftaran dan dokumen persyaratan pendaftaran," ujar Munawarsyah.

Ketua PAR Aceh, Ir TM Khaidir yang hadir langsung dalam pertemuan sosialisasi di Aula KIP Aceh menyampaikan tekad dan kesiapan Partainya dalam mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh KIP Aceh terkait pedoman teknis tahapan penerimaan pendaftaran, verifikasi administrasi, dan perbaikan dokumen persyaratan PAR Aceh pasca Putusan PTUN Banda Aceh tersebut di atas.

Demikian halnya Ketua Panwaslih Aceh, Faizah menyampaikan bahwa kehadiran PAnwaslih Aceh dalam rangka memastikan KIP Aceh telah melaksanakan putusan PTUN Banda Aceh.

Dikatakan, ini harus dimanfaatkan oleh Partai PAR Aceh untuk memperbaiki dokumen persyaratan dan kesiapan dalam mengikuti verifikasi administrasi persyaratan keanggotaan di kabupaten/kota.

Adapun rincian tahapan penerimaan pendaftaran, verifikasi administrasi, dan perbaikan dokumen persyaratan PAR Aceh pasca Putusan PTUN Banda Aceh tersebut di atas sebagai berikut:

Baca juga: Laksanakan Putusan PTUN Banda Aceh, KIP Terima Pendaftaran Partai Amanah Reformasi, Ini Tahapannya 

1) 26 s/d 27 September 2022: KIP Aceh mencabut tanda pengembalian data dan dokumen persyaratan pendaftaran Partai Politik Lokal Calon Peserta Pemilu tanggal 14 Agustus 2022 beserta lampirannya atas nama PAR Aceh dan menyampaikan tanda terima pendaftaran dan dokumen persyaratan pendaftaran serta melakukan Verifikasi Administrasi terhadap dokumen persyaratan PAR Aceh;

2) 28 September s/d 3 Oktober 2022: Perbaikan dokumen persyaratan oleh PAR Aceh;

3) 4 s/d 9 Oktober 2022: Verifikasi Administrasi dokumen persyaratan perbaikan PAR Aceh oleh KIP Aceh dan KIP Kabupaten/Kota;

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved