Breaking News:

Tangkapan Ikan

Harga Lelang Ikan Kualitas Medium Turun, Tangkapan Ikan Nelayan Lampulo Capai 150 Ton per Hari

Untuk hasil tangkapan ikan sekitar 150 ton per hari, dengan dua unit pabrik es batang, masing-masing berkapasitas 54 ton/hari, menurut Fani, sudah cuk

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/HERIANTO
Suasana lelang ikan hasil tangkapan para nelayan PPS Kutaradja Lampulo di dermaga setempat, Senin (21/8). 

Laporan Herianto l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM. BANDA ACEH - Memasuki minggu keempat September 2022 ini, hasil tangkapan boat nelayan di PPS Kutaradja Lampulo membludak mencapai di atas 157 ton/hari. Jenis ikan yang dibawa pulang nelayan, didominasi ikan cakalang, Yellow Fin, layang, tongkol kirai dan lisong. Demikian dikatakan Kepala UPTD PPS Kutaradja Lampulo, Fani kepada Serambinews.com, Senin (26/9/2022) di Banda Aceh.

Fani mengatakan, kendati hasil tangkapan ikan nelayan cukup banyak dan membludak, tapi para nelayan masih tetap mengeluhkan, harga lelang ikannya untuk jenis ikan kualitas medium masih rendah hanya Rp 13.000/Kg, dibawah harga BBM non subsidi yang sudah mencapai Rp 17.100/liter.

Harga Lelang Ikan di PPS Lampulo Turun, Produsen Ikan Keumamah Tingkatkan Pembelian

Ikan kualitas  kelas medium, seperti ikan tongkol kirai dan lisong, sebut Fani, harga lelangnya, sebut fani, sekitar  Rp 12.000 - Rp 13.000/Kg,  tapi untuk ikan kualitas premium seperti ikan tongkol Yellow Fin, harga lelangnya masih tetap tinggi mencapai Rp 53.000/Kg, dan ikan cakalang dan layang sekitar Rp 30.000/Kg.

Pada saat musim ikan banyak, apakah persediaan es batang di kompleks PPS Kutaradja Lampulo tercukupi ? Kepala UPTD PPS Kutaradja Lampulo, Fani mengatakan, di dalam Kompleks PPS Kutaradja, ada dua unit pabrik es batang, kapasitas sekitar 1.200 batang x 45 Kg sekitar 54 ton/hari. Dua unit menjadi 108 ton.

Nelayan Lampulo Antre Solar 4-8 Hari, Kuota Diberikan 6,4 Kl per Hari untuk Ratusan Boat

Untuk hasil tangkapan ikan sekitar 150 ton per hari, dengan dua unit pabrik es batang, masing-masing berkapasitas 54 ton/hari, menurut Fani, sudah cukup. Kalaupun masih kurang di Kompleks Perikanan Lampulo yang lama, masih ada satu unit lagi pabrik es batang yang berproduksi.

Selain tersedia dua unit pabrik es batang, di kompleks PPS Kutaradja Lampulo, juga ada tiga unit gedung cold storage yang mampu menampung dan menyimpang ikan hingga ratusan ton.

Fani mengatakan, masalah persediaan es batang pada musim banyak ikan seperti sekarang ini, nelayan di Lampulo, tidak terlalu khawatir, karena dua unit pabrik es batang yang beroperasi di PPS Kutaradja Lampulo, mampu memenuhi kebutuhan es batang bagi boat nelayan.

Yang kini masih menjadi kendala klasik bagi nelayan di PPS Kutaradja Lampulo dan sekitarnya adalah penyediaan BBM subsidi jenis bio solar di kompleks PPS Kutaradja. Suplai yang diberikan Pertamina untuk boat nelayan Lampulo tiga hari sekali 16 Kl.

Kuota sebanyak itu, menurut kalangan nelayan, kata Fani,  tidak cukup, karena jumlah boat tangkap ikan di Lampulo yang berkapasitas di bawah 30 GT, yang berhak menerima BBM subsidi, jumlahnya sudah mencapai 127 unit, yaitu boat kapasitas 5 – 10 GT sebanyak 78 unit, boat kapasitas 11 – 20 GT sebanyak 30 unit dan boat 21 – 30 Gt 19 unit.

Khusus boat 10 – 20 GT dan boat 21 – 30 GT, mereka harus ngantri BBM subsidi selama 3 – 4 hari, pada saat mau melaut.(*)

Hakim Periksa Dua Saksi Ahli Dalam Sidang Lanjutan Kasus Kulit Harimau

Pemkab Pidie Pacu Pembangunan Venue PORA

Mengintip OSIS SMAN 1 Kutapanjang yang Mandiri dan Kreatif

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved