Breaking News:

Abu Tumin Meninggal Dunia

Shalat Jenazah Abu Tumin Belasan Kali, Abu Kuta Krueng Ikut Jadi Imam, Dimakamkan di Kompleks Dayah

Namun, sebelum dimakamkan, sejak seusai shalat Maghrib kemarin hingga dimakamkam tadi pagi, belasan kali shalat jenazah dilakukan untuk ulama yang men

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Mursal Ismail
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS 
Masyarakat memadati kompleks Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam Putra, tempat dikebumikan jenazah Ulama Kharismatik Aceh, Tgk H Muhammad Amin Mahmud atau Abu Tumin Blang Bladeh, Gampong Kuala Jeumpa, Jeumpa, Bireuen, Rabu (28/9/2022) 

Namun, sebelum dimakamkan, sejak seusai shalat Maghrib kemarin hingga dimakamkam tadi pagi, belasan kali shalat jenazah dilakukan untuk ulama yang meninggal di RSUD dr Fauziah kemarin sore itu dalam usia 90 tahun.

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Jenazah ulama kharismatik Aceh, Tgk H Muhammad Amin Mahmud atau lebih dikenal Abu Tumin dimakamkam di Kompleks Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam Putra, Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Rabu (28/9/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Namun, sebelum dimakamkan, sejak seusai shalat Maghrib kemarin hingga dimakamkam tadi pagi, belasan kali shalat jenazah dilakukan untuk ulama yang meninggal di RSUD dr Fauziah kemarin sore itu dalam usia 90 tahun.

Setiap pelayat yang datang, semuanya ingin shalat sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada almarhum sebelum dimakamkan.   

Amatan Serambinews.com di lokasi, ribuan pelayat dari berbagai daerah dan kalangan baik berasal dari Bireuen dan luar Bireuen terus berdatangan menuju rumah almarhum.

Pelayat juga memadati Dayah Babussalam Blang Bladeh. 

BREAKINGNEWS Abu Tumin Meninggal Dunia
BREAKINGNEWS Abu Tumin Meninggal Dunia (Thumbnail Serambi On TV)

Baca juga: Warga Aceh di Malaysia Gelar Shalat Ghaib untuk Abu Tumin di Meunasah Al-Asyi

Meski ramainya pelayat yang datang ke rumah almarhum dan Dayah Babussalam Putra yang lokasinya tak berjauhan dan sama-sama di pinggir jalan raya Banda Aceh - Medan itu, lalu lintas  tetap lancar. 

Sejumlah Anggota Satlantas Polres Bireuen, Dinas Perhubungan, Anggota Kodim 0111/Bireuen dan Dansubdenpom Bireuen serta para santri mengatur kelancaran lalu lintas. 

Kendaran berbagai arah memperlambat lajunya, petugas Subdenpom IM/1-1 Bireuen, Satlantas, Sabhara, Polsek Kota Juang, Pos Polisi, dinas Perhubungan, santri, menjaga jalan untuk mengatur arus lalu lintas. 

Halaman masjid penuh dengan pelayat, begitu juga bagian dalam masjid, para santri mengatur barisan membuka jalan untuk para pelayat baik laki-laki maupun perempuan yang hendak masuk ke dalam masjid. 

Pasalnya, jenazah almarhum dishalatkan kembali di masjid, meski sudah belasan kali dishalatkan ribuan pelayat di rumah.

Baca juga: VIDEO UAS Sampaikan Ucapan Belasungkawa atas Kabar Duka Wafatnya Ulama Aceh Abu Tumin Blang Bladeh

Sekitar pukul  08.30 WIB, jenazah ulama kharismatik Aceh Abu Tumin Blang Bladeh, dibawa dengan mobil ambulans diiringi  ratusan santri. 

Pelayat  tiba di Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam Putra, berada dipinggir jalan Banda Aceh - Medan untuk dikebumikan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved