Breaking News:

Berita Banda Aceh

KIP Aceh Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih di Simeulue

Rakor PDPB triwulan III periode September 2022 ini merupakan langkah berkelanjutan dalam setiap tiga bulan sekali

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Amirullah
ist
Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama pihak terkait laksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) di Aula Kantor Dinkes setempat, Kamis (29/9/2022). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh yang sebelumnya mengambil alih KIP Simeulue laksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) di Aula Kantor Dinkes setempat, Kamis (29/9/2022).

Rapat itu dipimpin Ketua Divisi Data dan Informasi (Datin) KIP Aceh Agusni AH.

Rakor yang dilaksanakan sejak Pukul 14.00 WIB itu dihadiri Pj Bupati Simeulue Ahmadlyah, jajaran TNI/Polri, pimpinan partai politik, Panwaslu, Disdukcapil, Kalapas dan sejumlah stakeholders lainnya.

Rakor PDPB triwulan III periode September 2022 ini merupakan langkah berkelanjutan dalam setiap tiga bulan sekali melibatkan langsung para stakeholders di tingkat kabupaten/kota. Rakor PDPB ini juga dihelat setiap bulan secara internal.

Baca juga: KIP Terima Pendaftaran Partai Amanah Reformasi Aceh, Laksanakan Putusan PTUN Banda Aceh

Baca juga: 48 Badan Publik Lolos Verifikasi Website, KIA akan Lakukan Tahapan Visitasi dan Presentasi

“Ini merupakan masa PDPB terakhir dan selanjutnya akan memasuki mutarlih (pemutakhiran data pemilih) dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024, dimana tahapan ini dimulai sejak 14 Oktober ini,” kata Agusni.

Sebagai penyelenggara secara berjenjang, KPU akan mengirimkan DP4 ke 34 provinsi, termasuk Aceh dan 514 kabupaten/kota se Indonesia termasuk 23 kabupaten/kota se Aceh untuk kemudian disandingkan dengan data Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) ini.

Selanjutnya dijadikan sebagai data Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan seterusnya verifikasi faktual oleh Pantarlih (penitia pendaftaran pemilih) atau Petugas Pemutakhitan Data Pemilih (PPDP). "DPS ini nantinya kita tetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (ĎPT),” ujarnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved