Breaking News:

Berita Bener Meriah

Polisi Ungkap Kasus Pencurian, Nominal Kerugian Hampir Rp 1 Miliar

Kepolisian Resor (Polres) Bener Meriah berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian uang senilai Rp 700 juta dan pencurian

Editor: bakri
IST
Kapolres Bener Meriah, AKBP Indra Novianto didampingi Kasat Reskrim, Iptu Rinaldi Aryyawinata Hutama Putra, memperlihatkan barang bukti uang hasil pencurian dan para tersangka saat menggelar konferensi peras, di mapolres setempat, Kamis (29/9/2022). 

REDELONG - Kepolisian Resor (Polres) Bener Meriah berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian uang senilai Rp 700 juta dan pencurian alat excavator Rp 250 juta.

Hal itu dijelaskan Kapolres Bener Meriah, AKBP Indra Novianto SIK saat menggelar konferensi pers, di Mapolres setempat, Kamis (29/9/2022).

Kapolres mengatakan, pencurian tersebut terjadi di dua lokasi yang berbeda.

Untuk pencurian uang senilai Rp 700 juta terjadi di gudang kopi milik Muhamad Rasyid, di Kampung Purwosari, Kecamatan Bandar, Bener Meriah, pada Senin (12/9/2022) lalu.

Sedangkan untuk kasus pencucian alat excavator yang nilai kerugiannya mencapai Rp 250 juta terjadi di Kampung Rusip, Kecamatan Syiah Utama, Bener Meriah, pada Rabu (14/9/2022).

“Jadi dua kasus ini merupakan tindak pidana pencurian jika digabungkan nilai kerugiannya Rp 950 juta,” kata Kapolres AKBP Indra Novianto.

Dia menjelaskan, Polres Bener Meriah saat ini menahan satu tersangka berinisial RJ (40) warga Desa Kuta, Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, yang diduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian uang senilai Rp 700 juta.

Selain RJ pencurian uang di Purwosari juga melibatkan HA (33) AN (31) dan AB (59).

Namun ketiganya saat ini ditahan di Polres Bireuen, karena ketiga pelaku juga melakukan tindak pidana yang sama di wilayah Hukum Polres Bireuen.

Baca juga: Angkatan Laut AS Gagalkan Pencurian Kapal Permukaan Tak Berawak Oleh Iran di Teluk Arab

Baca juga: Kejari Aceh Jaya Limpahkan Kasus Pencurian Aset Ke Pengadilan, Sidang Perdana Rabu Depan

Untuk penangkapan terhadap pelaku pencurian uang, Polres Bener Meriah bekerja sama dengan Ditreskrimum Polda Aceh, Polres Bireuen dan Polres Batu Bara, Polda Sumatera Utara.

“Pelaku berhasil ditangkap pada hari Selasa, 13 September 2022 sekitar pukul 15. 00 WIB, di wilayah hukum Polres Batu Bara,” kata Indra Novianto Kemudian, tersangka RJ dan barang bukti uang senilai Rp 610 juta yang keseluruhannya lembaran kertas seratus ribu rupiah, satu unit sepeda motor Yamaha Vixion dengan nomor Polisi BL 3405 KAG, dua buah helm dan satu tas ransel berwarna biru diserahkan ke Polres Bener Meriah.

Untuk yang diduga sebagai pelaku pencurian alat excavator, Polres Bener Meriah berhasil menangkap empat tersangka, yakni JN (21) dan WR (19) keduanya warga Kecamatan Syiah Utama, Bener Meriah, SI (26) warga Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dan SF (28) warga Kecamatan Deleng Opisen, Aceh Tenggara.

Keempat tersangka dan barang bukti saat ini sudah diamankan Satreskrim Polres Bener Meriah.

“Jika terbukti bersalah pelaku pencurian ini akan disangkakan dengan pasal 363 KUHPidana,” jelas Indra Novianto. (i)

Baca juga: Polisi di Sumut Ditembak Pelaku Pencurian saat Penggerebekan, Alami Luka di Bagian Mata

Baca juga: 2 Pelaku Pencurian & Penadahan Barang Ditangkap Tim Rimueng Polresta Banda Aceh, Keduanya Residivis

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved