Breaking News:

Berita Banda Aceh

DPRK Banda Aceh Sahkan APBK-P 2022 Rp 1,3 Triliun Lebih

Realisasi APBK-Perubahan ini tidak boleh berlarut-larut karena masa efektif pelaksanaan anggarannya tinggal kurang lebih tiga bulan ke depan.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar didampingi Pj Wali Kota Bakri Siddiq memimpin rapat paripurna di Gedung DPRK, Jumat (30/9/2022) malam 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Kota (APBK) Perubahan tahun anggaran 2022 sebesar Rp 1,3 triliun lebih dalam rapat paripurna di Gedung DPRK, Jumat (30/9/2022) malam.

Pengesahan itu ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman bersama antara DPRK dengan pemerintah kota (pemko) setempat setelah mendengarkan pendapatan akhir dan usul saran dari tiap-tiap fraksi.  

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRK, Farid Nyak Umar, didampingi Wakil Ketua I Usman dan Wakil Ketua II Isnaini Husda. Turut dihadiri Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, Sekda Kota, Amiruddin, segenap anggota DPRK, SKPK, dan forkopimda.

Farid dalam sambutannya mengatakan, APBK Perubahan ini harus disikapi dengan cermat dan cepat, tidak boleh berlarut-larut karena masa efektif pelaksanaan anggarannya tinggal kurang lebih tiga bulan ke depan.

APBK Perubahan Kota Banda Aceh Tahun Anggaran 2022 beserta nota keuangan yang disusun harus berdasarkan pada nota kesepakatan perubahan KUA-PPAS dan berita acara kesepakatan hasil pembahasan antara Tim Banggar DPRK dan Tim Anggaran Pemko Banda Aceh,” kata politisi PKS itu.

Kebijakan perubahan APBK tahun anggaran 2022 ini dilakukan untuk menyesuaikan perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum anggaran murni sehingga harus dilakukan pergeseran anggaran antarorganisasi, antarunit organisasi, antarprogram, antarkegiatan, dan antarjenis belanja.

“Dengan harapan, APBK pasca perubahan akan memiliki daya serap yang tinggi, sehingga akan menekan terjadinya SiLPA tahun anggaran 2022 menjadi lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” demikian Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar.

Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRK yang telah bekerja keras sehingga dalam waktu singkat mampu merampungkan pembahasan Raqan APBK-P tahun 2022.

Di akhir sambutannya, Bakri memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas kerja keras seluruh anggota DPRK yang terus bekerja untuk mewujudkan harapan masyarakat dalam memastikan lancarnya perekonomian untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat terhadap dampak inflasi yang terjadi secara nasional.(*)

Baca juga: Tak Bayar Saat Isi BBM di SPBU Sigli, Pompa Pengisi Minyak Rubuh Terseret Mobil

Baca juga: Piala Pj Wali Kota Lhokseumawe, Kuta Pase Bungkam Maharaja

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved