Breaking News:

Tragedi Kanjuruhan

Termasuk Kapolres Malang, Ini Daftar 10 Anggota Polri yang Dicopot Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan

Keputusan ini langsung diambil oleh Kapolri setelah mendapatkan laporan hasil analisis dan evaluasi tim investigasi khusus tragedi Stadion Kanjuruhan

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Muhammad Hadi
JUNI KRISWANTO / AFP
Wanita mengendarai sepeda motor mereka melewati grafiti bertuliskan 'polisi pembunuh' di stadion Kanjuruhan, lokasi tragedi maut, di Malang, Jawa Timur pada 4 Oktober 2022. Petugas polisi Indonesia sedang diselidiki pada 4 Oktober atas tragedi stadion yang menewaskan 125 orang, termasuk puluhan anak-anak dalam salah satu bencana paling mematikan dalam sejarah sepak bola. 

Termasuk Kapolres Malang, Ini Daftar 10 Anggota Polri yang Dicopot Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan

SERAMBINEWS.COM – Buntut dari tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, sebanyak 10 anggota polri dicopot dari jabatatnya.

Pencopotan itu termasuk Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat dan sembilan komandan Brimob dari Polda Jawa Timur.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, penonaktifan tersebut berdasarkan perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pencopotan dan mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2098/X/KEP/2022 tertanggal 3 Oktober 2022.

“Malam hari ini bapak Kapolri mengambil suatu keputusan, menonaktifkan sekaligus menggati Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dimutasikan sebagai pamen SSDM Polri,” ujar Dedi saat konferensi pers di Mapolres Malang.

Baca juga: Soal Gas Air Mata Dalam Tragedi Kanjuruhan, Persatuan Suporter: Penonton di Tribun Kenapa Ditembak?

Para suporter Arema FC, Aremania turun ke lapangan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). Aremania meluapkan kekecewaannya dengan turun dan masuk kedalam stadion usai tim kesayangannya kalah melawan Persebaya Surabaya dengan skor 2-3
Para suporter Arema FC, Aremania turun ke lapangan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). Aremania meluapkan kekecewaannya dengan turun dan masuk kedalam stadion usai tim kesayangannya kalah melawan Persebaya Surabaya dengan skor 2-3 (Surabaya.Tribunnews.com/Purwanto)

Ia mengatakan, keputusan ini langsung diambil oleh Kapolri setelah mendapatkan laporan hasil analisis dan evaluasi tim investigasi khusus tragedi Stadion Kanjuruhan yang dibentuk Kapolri.

Posisi Ferli  digantikan oleh AKBP Putu Kholis yang sebelumnya menjabat Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Selain itu, Kapolri juga memerintahkan Kapolda Jawa Timur, Irjen Nico Afinta untuk menonaktifkan jabatan Komandan Batalyon (Danyon), Komandan Kompi, dan Komandan Peleton Brimob Polda Jawa Timur.

Baca juga: Profil Guam, Negara yang Dibantai Indonesia 14-0 di Kualifikasi Piala Asia U-17

Berikut 10 anggota Polri yang dicopot terkait tragedi Stadion Kanjuruhan Malang

1. Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat

2. Komandan Batalyon (Dayon) AKBP Agus Waluyo

3. Komandan Kompi (Danki) AKP Hasdarman

4. Komandan Peleton (Danton) Aiptu Solikin

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved