Breaking News:

Produksi Garam

DKP Aceh Kembangkan Produksi Garam Sistem Tunel, Lebih Efektif dan Bernilai Ekonomis

Panen garam melalui sistem tunel, menurut Aliman, dilakukan sebagai contoh agar pelaku usaha garam rakyat di daerah sentra produksi garam, melakukan h

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
FOR SERAMBINEWS.COM
Kadis kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman bersama Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto, panen garam rakyat gunakan tunel, Gampong Cibrek, Pidie Kamis (6/10/2022). 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kendati garis pantai laut di Aceh mencapai ribuan kilometer, tapi sampai kini daerah ujung Pulau Sumatera ini, belum swasembada garam.

Buktinya, produksi garam rakyat baru mencapai 5.900 ton/tahun, dari targetnya 10.000 ton/tahun.

“Oleh karena itu, DKP Aceh terus mengembangkan industri garam rakyat, melalui berbagai teknologi, di antaranya dengan sistem tunel,” kata Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman SPi, MSi pada acara panen garam rakyat perdana dengan sistem tunel bersama Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto dan pejabat lainnya, Kamis (6/10/2022) kemarin di Gampong Cebrek, Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie, dalam press rilisnya yang disampaikan kepada Serambinews.com, Jumat (7/10/2022).

Panen garam melalui sistem tunel, menurut Aliman, dilakukan sebagai contoh agar pelaku usaha garam rakyat di daerah sentra produksi garam, melakukan hal yang sama.

Aliman mengatakan, pada tahun anggaran 2022 ini, DKP Aceh ada memprogramkan pembangunan tunel garam di empat daerah, yaitu Aceh Besar, Pidie, Pijay dan Aceh Utara. Masing-masing daerah diberikan 10 unit tunel penjemuran garam kepada kelompok tani garamnya.

Diperiksa Kejagung sebagai Saksi Dugaan Korupsi Impor Garam, Susi Pudjiastuti: Kok Heboh Banget sih?

Dia sebutkan pembuatan dan produksi garam rakyat di daerah dengan sistem tunel, karena sistem kerjanya sangat efektif, efisien dan ekonomis serta produktivitas garamnya banyak.

Selain itu, ungkap Aliman, warna garamnya besrsih putih, rasa garamnya gurih, higenis dan bebas dari najis atau kotoran binatang. Karena ruang penjemuran air lautnya selain dilapisi oleh terpal hitam (isolator geomembrane) anti bocor yang tebal, kemudian diatapi dengan menggunakan plastik tebal khusus warna putih transparan.

Sehingga hasil garamnya tidak dikotori oleh binatang yang melintas di udara, seperti burung, maupun binatang melata lainnya di darat, pada saat proses penjemuran air laut yang akan dioleh menjadi garam.

Satu unit tunel garam, sebut Aliman, berukuran 4 x 10 meter. Satu unit tunel bisa menghasilkan 200 Kg garam putih.

Tim Bappeda Aceh Tinjau Potensi Pengembangan Garam di Simeulue

Kalau ada 10 unit tunel, dapat memproduksi 2.000 Kg, dikali harga garam rakyat saat ini Rp 3.000/Kg, pendapatan kotor yang diperoleh kelompok tani garam untuk satu kali panen 10 tunel senilai Rp 6 juta.

Pendapatan sebesar itu, kata Aliman, bila kelompok tani tidak mengolahnya menjadi garam dapur. Kalau dioleh menjadi garam dapur, ditambah Yodium dan dimasukkan dalam kemasan plastik tebal dan dibuatkan mereknya, harga jual garam naik menjadi Rp 20.000/Kg.

Aliman mengungkapkan, pada tahun ini Aceh diberikan target oleh pemerintah pusat, bisa memproduksi garam sebanyak 10.000 ton/tahun, namun dari Januari – Septembre 2022 kemarin, produksi garam rakyat Aceh masih berkisar 5.900 ton, sehingga masih terjadi kekurangan sekitar 4.100 ton lagi/tahun.

Karena itu, kata Aliman, DKP Aceh terus melakukan pembinaan bagi kelompok tani garam rakyat di daerah sentra produksi garam di Aceh, yang tersebar di delapan daerah, yaitu Aceh Besar, Pidie, Pijay, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang, dan Aceh Selatan.(*)

VIDEO Petani Aceh Selatan Sukses Kembangkan Penangkaran Bawang Merah

Usai Diperiksa Kasus Prank Laporan KDRT, Baim Wong-Paula Verhoeven Minta Maaf ke Polisi, Masyarakat 

Cara Gunakan Template Twibbon Ucapan Maulid Nabi 2022, Ini 40 Link Twibbon Selamat Maulid Nabi 2022

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved