Breaking News:

Kesehatan

Wanita Wajib Tahu! Benarkah Menyusui Bisa Mengurangi Risiko Kanker Payudara? Begini Kata dr Boyke 

Banyak keuntungan mengapa ibu perlu konsisten dalam menyusui, salah satunya karena menyusui dapat mengurangi resiko kanker payudara, benarkah demikian

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
IST via Tribun Palu
Ilustrasi ibu menyusui 

Wanita Wajib Tahu! Benarkah Menyusui Bisa Mengurangi Risiko Kanker Payudara? Begini Kata dr Boyke 

SERAMBINEWS.COM - Benarkah ibunnews.com/tag/menyusui' title='menyusui'>menyusui bisa mengurangi risiko terkena ibunnews.com/tag/kanker-payudara' title='kanker payudara'>kanker payudara pada ibunnews.com/tag/wanita' title='wanita'>wanita? Simak penjelasan seksolog dr Boyke berikut ini.

Bagi seorang ibu, ibunnews.com/tag/menyusui' title='menyusui'>menyusui sang buah hati dengan ASI sangat penting dilakukan.

Pemberian ASI kepada buah hati untuk memenuhi kecukupan nutrisi agar pertumbuhan dan perkembangan anak normal.

Tetapi sebenarnya banyak keuntungan mengapa ibu perlu konsisten dalam ibunnews.com/tag/menyusui' title='menyusui'>menyusui, salah satunya adalah karena ibunnews.com/tag/menyusui' title='menyusui'>menyusui dapat mengurangi resiko ibunnews.com/tag/kanker-payudara' title='kanker payudara'>kanker payudara. Apakah itu benar?

Dikutip dari laman Mountelizabeth.com.sg, ibunnews.com/tag/kanker-payudara' title='kanker payudara'>kanker payudara adalah pertumbuhan jaringan abnormal pada payudara yang terkadang dapat dirasakan sebagai benjolan.

Tumor berkembang ketika sel-sel di payudara membelah tanpa kendali dan menghasilkan jaringan ekstra. 

Baca juga: Singgung Isu KDRT, dr Boyke Bahas Tipe Lelaki Jantan yang Baik Harusnya Bisa Membuat Wanita Merintih

Tumor ini bisa jinak (non-kanker) atau ganas (kanker).

Sel kanker dapat menyebar di dalam payudara, ke kelenjar getah bening (kelenjar) di ketiak, dan ke bagian tubuh lainnya.

Kanker payudara adalah kanker ibunnews.com/tag/wanita' title='wanita'>wanita yang paling sering didiagnosis di antara ibunnews.com/tag/wanita' title='wanita'>wanita Singapura. 

Hampir 1 dari 13 ibunnews.com/tag/wanita' title='wanita'>wanita di Singapura akan didiagnosis menderita ibunnews.com/tag/kanker-payudara' title='kanker payudara'>kanker payudara dalam hidup mereka.

Sementara di Indonesia dikutip dari laman kemekes, berdasarkan data Riskesdas, prevalensi tumor/kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan dari 1,4 per 1000 penduduk di tahun 2013 menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018.

Penyebab utama kematian wanita di bawah usia 35 tahun salah satunya adalah kanker payudara.

Baca juga: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Menopause Dini Kata Seksolog dr Boyke, Wanita Wajib Tahu!

Kematian tersebut dikarenakan pasien ibunnews.com/tag/kanker-payudara' title='kanker payudara'>kanker payudara cenderung datang dengan stadium kanker lanjut yang invasif.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved