Breaking News:

Berita Aceh Tengah

KIP Bener Meriah Lakukan Verifikasi Faktual Partai Nasional dan Partai Lokal

Verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik nasional (Parnas) dan partai politik lokal (Parlok) yang memenuhi syarat dari hasil

Editor: bakri
Dok TribunGayo.com
Tiga Narasumber hadir di Kantor Tribungayo.com Jalan Mahkamah Takengon diantaranya Munawarsyah selaku Komisioner KIP ACEH Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Hasanah, SH Komisioner KIP Bener Meriah Devisi Teknis Penyelenggara dan Khairul Akhyar, SE selaku Komisioner KIP Bener Meriah Devisi Umum, Keuangan dan logistik dipandu Presenter Tribungayo.com Intan Mutia, Kamis (20/10/2022) 

TAKENGON - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bener Meriah, mulai melakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik nasional ( Parnas) dan partai politik lokal ( Parlok) yang memenuhi syarat dari hasil verifikasi administrasi sebelumnya.

Hal itu diungkapkan KIP Bener Meriah dalam podcast TribunGayo.com yang dipandu presenter TribunGayo.com, Intan Mutia, Kamis (20/10/2022).

Hadir dalam podcast tersebut tiga narasumber yang merupakan komisioner KIP Aceh Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Munawarsyah, Komisioner KIP Bener Meriah Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Hasanah SH dan Komisioner KIP Bener Meriah Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, Khairul Akhyar SE.

Pada kesempatan itu Komisioner KIP Aceh, Munawarsyah, mengatakan, kegiatan tahapan verifikasi faktual kepengurusan serta keanggotaan parpol dan parlok calon peserta pemilu tahun 2024 dimulai sejak 15 Oktober hingga 4 November 2022 "Bahwa kegiatan KPU tingkat pusat dimulai 15, 16, 17, verifikasi Parpol.

Begitu juga di tingkat KIP Aceh, juga melakukan verifikasi di tingkat DPP Parlok dilaksanakan pada 15, 16, 17," katanya Dikatakan, dalam verifikasi faktual tim akan turun ke lapangan untuk melihat langsung data administrasi yang sebelumnya didaftarkan di aplikasi Sipol.

"Partai politik yang dilakukan verifikasi faktual adalah yang telah memenuhi syarat administrasi, jadi kita lihat sesuai tidak dengan administrasinya.

" Hal itu senada dengan penjelasan Komisioner KIP Bener Meriah Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Hasanah SH, mengatakan, metode verifikasi faktual kepengurusan parpol dilakukan dengan cara mendatangi domisili kantor tetap parnas dan parlok di tingkat kabupaten serta mendatangi kantor parlok di tingkat kecamatan.

Sedangkan metode verifikasi faktual bagi keanggotaan, tim verifikasi akan menjumpai langsung anggota parpol berdasarkan sampel yang telah ditetapkan KPU RI dalam sipol di kediaman masing-masing anggota parpol tersebut, sesuai dengan alamat domisili di KTP, tim akan mencocokkan identitas anggota di KTP-El serta KTA.

"Sejauh ini tidak ada kendala dengan verifikasi faktual, karena kita juga sudah terlebih dahulu melakukan koordinasi," ucap Hasanah.

Komisioner KIP Bener Meriah Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, Khairul Akhyar SE, menjelaskan, bila saat verifikasi faktual keanggotaan nantinya terdapat ada masyarakat atau anggota partai politik yang menyatakan dia bukan anggota partai politik tertentu, maka dipersilakan untuk mengisi formulir dan menandatangani surat pernyataan yang disediakan tim verifikasi dari KIP Bener Meriah.

Sehingga status keanggotaannya dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Kami juga mengajak semua instansi pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, serta media cetak dan elektronik untuk dapat mendukung dan membantu serta memantau jalanya proses tahapan verifikasi faktual, sehingga dapat berjalan dengan baik." pungkasnya. (rd)

Baca juga: KIP Bener Meriah Gelar Rakor Persiapan Verifikasi Faktual Parpol

Baca juga: KIP Bener Meriah Sosialisasi Tahapan Pemilu

Baca juga: Terkait Anggaran Pilkada Aceh Tahun 2022, Ini Kata Ketua KIP Bener Meriah

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved