Breaking News:

Berita Aceh Timur

Aceh Timur Targetkan Juara Umum HAI 2023, Ingin Ulangi Torehan Manis Tahun 2018 dan 2019

"Sebelumnya, kita sudah dua kali berturut-turut meraih juara umum HAI tingkat Provinsi Aceh yaitu tahun 2018 dan 2019,” kata Saiful Basri.

Penulis: Seni Hendri | Editor: Saifullah
SERAMBI/SENI HENDRI
Pj Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin, MSi, didampingi Kadisdikbud Aceh Timur, Saiful Basri, SPd, MPd, Kacabdindik Aceh Timur, Rahmatsah Putra, dan unsur Forkopimda Aceh Timur, memukul rapa-i saat membuka kegiatan Hari Aksara Internasional (HAI) Ke-57 tahun 2022 di Gedung IDI Sport Center, di IDI Rayeuk, Senin (14/11/2022). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur 

SERAMBINEWS.COM, IDI - Sempat tak bisa dilaksanakan dua tahun berturut-turut karena pandemi Covid-19, namun Pemkab Aceh Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur kembali memperingati Hari Aksara Internasional ( HAI) Ke-57 tahun 2022.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Aceh Timur, Saiful Basri, SPd, MPd, mengatakan, peringatan HAI Ke-57 tahun ini adalah langkah awal mempersiapkan diri untuk merebut kembali juara umum Hari Aksara Internasional ( HAI) tingkat Provinsi Aceh.

"Sebelumnya, kita sudah dua kali berturut-turut meraih juara umum HAI tingkat Provinsi Aceh yaitu tahun 2018 dan 2019,” kata Saiful Basri.

“Karena itu, melalui momen ini kita persiapkan diri untuk merebut kembali juara umum tersebut,” ujarnya.

“Karena itu, saya mengajak guru-guru agar semangat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Aceh Timur," ungkap Kadisdikbud Aceh Timur, Saiful Basri usai pembukaan HAI Ke-57 di Aceh Timur.

Sebelumnya, even tersebut dibuka oleh Pj Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin yang ditandai dengan pemukulan rapai bersama Kadisdikbud Aceh Timur, Saiful Basri, SPd, MPd, Kacabdindik Wilayah Aceh Timur, Rahmatsah Putra, Kasi Penmad Kemenag Aceh, Saiful Basri, dan unsur Forkopimda Aceh Timur lainnya.

Baca juga: Kacabdindik Aceh Timur Perkenalkan Produk SMK dan SMA di Expo HAI

Sebelum pembukaan, diawali dengan parade yang diikuti pengurus TP PKK Aceh Timur, para guru dan murid TK/PAUD se- Aceh Timur, serta guru dan siswa SMA/SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Timur.

Pj Bupati Aceh Timur dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Aksara Internasional menjadi momentum kebangkitan bagi semua pihak untuk memberantas buta aksara, terutama di Kabupaten Aceh Timur, hingga ke pelosok daerah. 

Menurut Pj Bupati, pendidikan berbasis syariat Islam terus digalakkan dengan target murid tamat SD di Aceh Timur harus mampu membaca Alquran.

Pj Bupati Aceh Timur juga mengajak semua pihak untuk bersinergi dan saling bahu membahu menuntaskan buta aksara di Kabupaten Aceh Timur

Kepada pendidik dan tenaga kependidikan, Pj Bupati berharap untuk terus mengembangkan pola asuh dan mengajar yang lebih kreatif, inovatif dan adaftif kepada anak didik dimulai dari pendidikan anak usia dini, agar anak didik menikmati proses belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdik) Aceh Timur, Saiful Basri, SPd, MPd mengatakan, peringatan Hari Aksara Internasional ini tujuannya untuk mengingatkan akan pentingnya melek aksara.

Baca juga: Hai Gamers, Telkomsel Rilis Game Terbaru Kolak Express 3, Intip Keseruannya

Selain itu, untuk mengampanyekan perlunya upaya intensif dalam melawan buta huruf.

Saiful mengatakan, di Aceh Timur buta aksara sudah tuntas hingga mencapai 99 persen, dan penerapan pendidikan berbasis Islami sudah berjalan sejak tiga tahun lalu yang berkolaborasi dengan Kementerian Agama, dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Timur.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan dalam HAI tahun ini, di antaranya pameran stand yang memamerkan beragam karya siswa dan guru.

Lalu, lomba menggambar bebas, lomba Azan, lomba hafal surat pendek, lomba puisi, lomba karya tulis tutor keaksaraan, karya tulis pengelola PKBM, karya tulis pamong belajar, karya tulis penilik, penampilan tarian massal anak, penampilan drumband TK Bungong Jempa Idi, dan juga pergelaran Seni tari dan budaya di panggung utama.

Untuk pameran stand, selain dimeriahkan 7 stand Korwil Dinas Pendidikan Aceh Timur, juga diikuti oleh Kemenag Aceh Timur, dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Timur yang menampilkan beragam karya siswa dan guru.(*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved