Breaking News:

Indonesia Jadi 38 Provinsi, Pemerintah Segera Sahkan Perppu Pemilu

Dia pun menegaskan, pasca-DPR RI mengesahkan Provinsi Papua Barat Daya, maka kini sah Indonesia memiliki 38 Provinsi.

Tribun-Papua.com/Kompas.com
Tiga penjabat gubernur provinsi baru di Papua, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan, resmi dilantik hari ini, Jumat (11/11/2022), oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di kantor pusat Kemendagri, Jakarta. Dari kiri ke kanan: Apolo Safanpo untuk Pj Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk untuk Pj Gubernur Papua Tengah, serta Nikolaus Kondomo untuk Pj Gubernur Papua Pegunungan. (KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN). 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengungkapkan bahwa Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) akan mengakomodasi tiga daerah otonomi baru (DOB) Papua.

Adapun tiga daerah otonomi baru itu adalah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Nantinya, Perppu itu bakal mengakomodir ketiga daerah otonomi baru itu untuk ikut Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024.

Lalu, bagaimana persiapan ketiga daerah otonomi baru tersebut dalam menghadapi Pemilu serentah 2024?

Kemudian, apa persiapan yang telah dilakukan pemerintah usai DPR mengesahkan UU Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya?

Di mana, hal itu menegaskan bahwa kini Indonesia terdiri dari 38 provinisi.

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengatakan, pihakanya akan mengecek dengan turun langsung ke Provinsi Papua Barat Dayat.

Tentu, hal tersebut dilakukan guna memastikan persiapan jalannya pemerintahan daerah sementara disana, serta nantinya membahas persiapan Pemilu serentah di Provinsi itu.

Baca juga: Pengadilan Belanda Sebut Malaysia Airlines MH17 Jatuh Ditembak Rudal Rusia, Moskwa: Putusan Keliru

Baca juga: Kapolres Aceh Timur Ikut Gotong Keranda Jenazah Personel Polsek Pante Bidari ke Tempat Pemakaman

Baca juga: Ribuan Warga Palestina Hadiri Pemakaman 21 Korban Tewas Kebakaran di Kamp Pengungsi Jabaliya

"Rencana hari Senin, kami akan bergeser ke Sorong, untuk melihat kesiapan melihat para Gubernur dan Bupati yang ada di wilayah Papua Barat Daya," kata John Wempi di Jakarta, Jumat (18/11/2022).

John Wempi juga mengatakan, bahwa sesuai arahan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bahwa Perppu UU Pemilu untuk tiga daerah DOB Papua belum dikeluarkan karena menunggu Provinsi Papua Barat Dayat.

Namun, kini setelah 'diketok palu' soal Provinsi Papua Barat Daya, maka pihaknya berharap Perppu tersebut segera di keluarkan dalam waktu dekat.

Tentunya, hal ini mengingat bahwa tahapan Pemilu 2024 sudah semakin dekat. Selain itu, tentu membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam membuat regulasi Pemilu di 4 Provinsi baru di Papua itu.

"Nah kemarin Papua Barat Daya sudah selesai, itu juga kita berharap Perppunya segera disahkan sehingga KPU mengambil langkah-langkah (tahapan Pemilu 2024)," terang John Wempi.

Dia pun menegaskan, bahwa pascaDPR RI mengesahkan Provinsi Papua Barat Daya, maka kini sah Indonesia memiliki 38 Provinsi.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved