Breaking News:

Berita Pidie

Sapi Warga Simpang Tiga Pidie Ditemukan Mati, Diduga Diracun Komplotan Pencuri, 1 Berhasil Dilarikan

Satu sapi yang mati itu milik warga Gampong Liliep Bungie, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie, yang diduga diracun komplotan pencuri ternak. 

Penulis: Muhammad Nazar | Editor: Mursal Ismail
FOR SERAMBINEWS.COM
Warga memperhatikan seekor sapi mati diduga diracun pencuri di Kemukiman Bungie, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie, Sabtu (26/11/2022) 

Satu sapi yang mati itu milik warga Gampong Liliep Bungie, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie, yang diduga diracun komplotan pencuri ternak. 

Laporan Muhammad Nazar I Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Warga Kemukiman Bungie, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie, Sabtu (26/11/2022), dikejutkan atas ditemukannya sapi mati tidak wajar.

Satu sapi yang mati itu milik warga Gampong Liliep Bungie, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie, yang diduga diracun komplotan pencuri ternak. 

Sapi dan kambing yang berkeliaran di ruas jalan menjadi sasaran komplotan pencuri hewan ternak

Informasi diperoleh Serambinews.com, Sabtu (26/11/2022), warga menemukan satu sapi mati diduga diracun. Sementara satu sapi milik warga berhasil dibawa kabur pencuri dengan pikap.

Warga Gampong Mesjid Bungie sempat memergoki aksi pencuri yang awalnya memarkirkan pikap di depan kios di pinggir jalan.

Namun, warga tidak berani berteriak karena situasi masih gelap dan suasana di lokasi masih diguyur hujan, sehingga pencuri berhasil membawa kabur satu sapi dan satu lagi ditinggalkan di dekat kios. 

Baca juga: Oknum TNI Terlibat Pencurian Sapi, Pakai Mobil Milik Polisi saat Beraksi, Tiga Pelaku Masih Buron

Warga lainnya, sempat melihat dan langsung melakukan pengejaran, tapi tidak membuahkan hasil. Pikap membawa sapi hasil curian yang kabur ke arah Simpang Keumangan, Kecamatan Mutiara. 

Imum Mukim Bungie, Suryadi, kepada Serambinews.com, Sabtu (26/11/2022) mengatakan, pencurian hewan ternak dengan modus diracun kambuh lagi di Bungie.

"Warga pernah menangkap tangan pelaku saat hendak membawa ternak hasil curiannya beberapa bulan lalu," jelasnya.

Menurutnya, saat pencuri beraksi, pelaku terlebih dahulu memantau suasana gampong lokasi hewan ternak yang akan dicuri. Pemantauan itu dilakukan menggunakan sepeda motor.

Setelah memastikan kondisi aman, kawanan pelaku kembali datang dengan membawa buah pisang yang telah dimasukkan racun diberikan ke sapi. 

Usai sapi tumbang denga mengeluarkan busa di mulut, kemudian diangkat ke dalam mobil untuk dibawa kabur.

Baca juga: Istri Dalangi Pencurian Sapi Suami, Uang untuk Bayar Utang yang Sudah Terlilit dan Beli Skincare

“Di sini jarang terjadi pencurian sapi, kambing dan kerbau di dalam kendang, tapi kasus pencurian terjadi terhadap hewan ternak  yang berkeliaran di jalan," jelasnya.


Untuk itu, kata Suryadi, warga diimbau supaya mengandangkan sapi, agar tidak berkeliaran di jalan.

Selain itu, menghindari terjadinya pencurian hewan ternak di jalan, seperti hari ini, sapi tidur di jalan yang dicuri. (*)

Baca juga: Polsek Langsa Timur Bekuk di Gayo Lues 1 Tersangka Pencurian Sapi, Kasus Dikembang Hingga ke Penadah

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved