Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Serumpun Melayu Raya Berlangsung Meriah di Lapangan Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang

Kegiatan ‘Serumpun Melayu Raya’ yang dilangsungkan di Aceh Tamiang berlangsung meriah pada Jumat (25/11/2022) malam

Editor: bakri
Serumpun Melayu Raya Berlangsung Meriah di Lapangan Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang - Sanggar-Meulige-menampilkan-Tarian-Zapin.jpg
SERAMBI/ SUBUR DANI
Sanggar Meulige menampilkan Tarian Zapin pada pembukaan Serumpun Melayu Raya Tamiang di Lapangan Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang, Jumat (25/11/2022).
Serumpun Melayu Raya Berlangsung Meriah di Lapangan Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang - Serumpun-Melayu-Raya-Tamiang-di-Lapangan-Tribun.jpg
SERAMBI/ SUBUR DANI
Bupati Aceh Tamiang, H Mursil didampingi istri, Dr Rita Syntia, Anggota DPRA, Asrizal H Asnawi, Kepala Bidang Bahasa dan Seni, Nurlaila Hamjah S.Sos MM, Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia Zainal Arifin M Nur, Wakil Pemimpin Perusahaan Serambi Indonesia Firdaus Darwis, perwakilan Kejari, dan Dandim 0117 memukul gendang Melayu pada Serumpun Melayu Raya Tamiang di Lapangan Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang

KUALASIMPANG - Kegiatan ‘ Serumpun Melayu Raya’ yang dilangsungkan di Aceh Tamiang berlangsung meriah pada Jumat (25/11/2022) malam.

Acara yang dipusatkan di Lapangan Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang ini dibuka secara resmi oleh Bupati Mursil dan dihadiri sejumlah unsur Forkopimda Aceh Tamiang, termasuk anggota DPRA Asrizal H Asnawi, pejabat Kepala Bidang Bahasa dan Seni Dinas Pari wisata dan Kebudayaan Aceh Nurlaila Hamjah, dan Ketua Dekranasda Aceh Tamiang Rita Syntia.

Acara ini dimeriahkan seratusan pegiat seni dan kebudayaan Aceh Tamiang yang akan tampil secara bergilir selama tiga hari.

Ratusan pengunjung yang memenuhi lapangan tribun dibuat kagum oleh atraksi silat pelintau ketika menyambut para undangan.

Pertunjukan kemudian dilanjutkan dengan tarian ula-ula lembing.

Secara khusus Mursil menyampaikan kekagumannya karena sudah lama tidak menyaksikan seni bela diri khas melayu itu.

“Sudah lama sekali tidak melihat silat ini.

Sungguh luar biasa,” kata Mursil.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pari wisata Aceh, Almuniza Kamal sebelumnya menjelaskan, Serumpun Melayu Raya di Aceh Tamiang ini berlangsung sejak Jumat (25/11/2022) hingga Minggu (27/11/2022) malam.

Event ini bertujuan untuk menjaga eksistensi nilai-nilai seni dan tradisi budaya yang telah berkembang sejak lama di Aceh, khususnya adat budaya di Kabupaten Aceh Tamiang.

Baca juga: Malam Ini Serumpun Melayu Raya Tamiang Dihelat, Hadirkan Kuliner, Busana, dan Seni Aceh Tamiang

Baca juga: UIN Ar-Raniry Kirim 10 Mahasiswa pada KKN Melayu Serumpun

“Ajang ini perlu dilaksanakan untuk dapat menggambarkan berbagai macam kebudayaan tradisional dan ke senian masyarakat, serta menciptakan regenerasi seni terhadap generasi muda Aceh Tamiang,” kata Almuniza Kamal.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu menjadi daya tular bagi kaum milenial, sehingga tidak tergerus zaman.

Dia berharap seni dan adat budaya Aceh Tamiang dapat terus berkembang dan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Semoga di daerah berjuluk Bumi Muda Sedia yang identik dengan perpaduan budaya Aceh- Melayu ini dapat terus dipertahankan dan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara,” kata Almuniza Kamal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved