Breaking News:

Berita Banda Aceh

Kamus Budaya Aceh-Indonesia Diluncurkan, Berisi 1.800 Lema

Peluncuran kamus tersebut dirangkai dengan Apresiasi Wajah Bahasa bagi Lembaga Pemerintah dan Lembaga Pendidikan di Aceh

Editor: bakri
Foto for Serambinews.com
Kepala Balai Bahasa Provinsi Aceh, Karyono MHum (kiri) foto bersama dengan para pemenang Apresiasi Wajah Bahasa bagi Lembaga Pemerintah dan Lembaga Pendidikan di Provinsi Aceh, Selasa (29/11/2022) di Aula BKKBN Aceh. 

BANDA ACEH - Balai Bahasa Provinsi Aceh meluncurkan Kamus Budaya Aceh- Indonesia.

Kamus ini berisi kosakata bahasa Aceh bidang budaya yang disusun tahun 2022.

Peluncuran dilaksanakan di Aula Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh, di Lampineung, Kota Banda Aceh, Selasa (29/11/2022).

Peluncuran kamus tersebut dirangkai dengan Apresiasi Wajah Bahasa bagi Lembaga Pemerintah dan Lembaga Pendidikan di Aceh.

Kegiatan ini dihadiri oleh tamu undangan dari lembaga pemerintahan, pendidikan, serta insan media.

“Setelah di tahun sebelumnya Balai Bahasa Provinsi Aceh menyusun Kamus Kemaritiman Aceh- Indonesia, tahun ini kita menyusun Kamus Budaya Aceh- Indonesia,” ujar Kepala Balai Bahasa Provinsi Aceh, Karyono MHum.

Kamus Budaya Aceh- Indonesia ini memuat sekitar 1.800 lema dan sublema.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lema berarti kata atau frasa yang ada di dalam kamus, tapi artinya di luar definisi atau penjelasan lain yang ada di dalam entri tersebut.

Baca juga: Kisah di Balik Peluncuran Kamus Kemaritiman Aceh-Indonesia

Baca juga: Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Kamus Sejarah Indonesia Dijual di Olshop, Bila tak Benar Harus Dilarang

Adapun kosakata yang ada di dalam Kamus Budaya Aceh-Indonesis itu di antaranya mengenai adat istiadat, tradisi, kesenian, flora dan fauna, kuliner, arsitektur, sapaan dan kekerabatan, satuan ukuran, anggota tubuh, cuaca dan musim, serta motif.

Penyusunan kamus ini telah melalui serangkaian tahapan.

Tahapan tersebut adalah inventarisasi kosakata, lokakarya, sidang komisi bahasa daerah, dan finalisasi penyusunan kamus, berupa penyuntingan dan pencetakan.

Peluncuran Kamus Budaya Aceh- Indonesia ini dilaksanakan bersamaan dengan Apresiasi Wajah Bahasa bagi Lembaga Pemerintah dan Lembaga Pendidikan di Provinsi Aceh.

Kegiatan dibuka dan diresmikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh, H Abrar Zym MH.

“Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved