Breaking News:

Kesehatan

Vaksin Polio Mulai Diberikan Pada Anak Aceh, Ini Dampak dan Risiko Bagi Anak yang Tidak Diimunisasi

Resiko yang didapatkan anak jika tidak diberikan atau terlewatkan pemberian imunisasi akan membuat daya tahan tubuh atau sistem imun anak lemah.

Editor: Agus Ramadhan
For Serambinews.com
Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki mendampingi Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin meneteskan vaksin Polio kepada anak-anak pada kegiatan pencanangan Sub PIN Polio di Aceh, yang berlangsung di Anjong Mon Mata, Banda Aceh (5/12/2022). 

Menkes Teteskan Vaksin Polio ke Anak Aceh, Ini Dampak dan Risiko Bagi Anak yang Tidak Vaksin dan Imunisasi

SERAMBINEWS.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin bersama Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, secara simbolis meneteskan vaksin polio ke mulut dua murid sekolah.

Kegiatan itu dilakukan dalam Sub Pekan Imunisasi Nasioal(PIN) Polio Aceh di Anjong Mon Mata, Kompleks Meuligoe Gubernur Aceh pada Senin (5/12/2022).

Budi mengungkapkan, penyabab kasus polio kembali muncul di Indonesia dan negara-negara maju karena vaksinasi yang tidak merata akibat Covid-19.

Menteri Kesehatan juga menyebutkan banyaknya tipe virus ini membuat masyrakat harus melengkapi vaksinasi polio.

Baca juga: Vaksin Polio Perdana di Aceh Besar, Pj Bupati: Ikhtiar untuk Bebaskan Anak dari Penyakit

Diketahui dalam Talkshow Serambi FM, Jumat(25/11/2022) Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif mengatakan, hingga kini belum ada obat untuk menyembuhkan polio.

Namun, penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada salah satu kaki penderitanya ini dapat dicegah dengan imunisasi.

Oleh karena itu imunisasi polio sangat penting untuk menjadi langkah pencegahan.

Imunisasi anak polio bermanfaat untuk menguatkan imunitas anak terhadap virus polio serta dapat menekan risiko tertular virus polio hingga dewasa.

Oleh sebab itu, pemerintah menyediakan vaksin anak polio gratis melalui posyandu dan puskesmas serta fasilitas pelayanan kesehatan lain.

Resiko yang didapatkan anak jika tidak diberikan atau terlewatkan pemberian imunisasi akan membuat daya tahan tubuh atau sistem imun anak lemah.

Baca juga: Kasus Luar Biasa di Pidie, Dinkes Aceh Tenggara Akan Lakukan Vaksin Polio

Anak dan bayi paling rentan terkena penyakit tertular dikarenakan sistem imun mereka belum matang dan tidak dapat melawan infeksi sepenuhnya.

Anak jauh lebih rentan terkena penyakit berbahaya seperti polio, hepatitis, TBC, dan difteri.

Tak hanya itu, apabila orang tua melewatkan imunisasi juga dapat menyebabkan anak mengalami komplikasi seperti campak, diare, pneumonia, kebutaan, kelumpuhan, malnutrisi, tetanus.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved