Breaking News:

Berita Aceh Tenggara

Jembatan Senilai Rp 52 Miliar di Agara Diresmikan, Menghubungkan Kecamatan Bambe dengan Lawe Alas

Selain Kecamatan Lawe Alas, jembatan itu juga dapat menghubungkan dengan Kecamatan Babul Rahmah, dan juga Kecamatan Tanoh Alas.

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Saifullah
Serambi Indonesia
Pj Bupati Aceh Tenggara, Drs Syakir, MSi didampingi mantan Bupati Raidin Pinim, Armen Desky, Syahbuddin BP, Ali Basrah, SPd, MM, mantan Wabup Agara Bukhari, dan Kadis PUPR Aceh Tenggara, Sadli ST saat meresmikan Jembatan Silayakh Pedesi, Kecamatan Bambel, Selasa (24/1/2023). 

Laporan Asnawi | Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tenggara, Drs Syakir, MSi bersama Ketua DPRK Aceh Tenggara, Denny Febrian Roza, SSTP, MSi meneken prasasti peresmian jembatan rangka baja Silayakh Pedesi, Kecamatan Bambel menghubungkan dengan Desa Ngkeran, Kecamatan Lawe Alas, Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa (24/1/2023).

Selain Kecamatan Lawe Alas, jembatan itu juga dapat menghubungkan dengan Kecamatan Babul Rahmah, dan juga Kecamatan Tanoh Alas.

Jembatan rangka baja tersebut digagas oleh almarhum mantan Bupati Aceh Tenggara, Ir H Hasanuddin B, MM dan mantan Wabup Agara, H Ali Basrah, SPd, MM yang kini menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPRA.

Pj Bupati Aceh Tenggara, Drs Syakir, MSi mengatakan, keberadaan jembatan rangka baja Silayakh ini menjadi jalur akses sangat penting bagi masyarakat di Kecamatan Lawe Alas, Babul Rahmah, dan Tanoh Alas.

Juga untuk memperlancar akses lalu lintas menuju Kutacane dan memperpendek transportasi dari tiga kecamatan ke Ibu Kota Aceh Tenggara tersebut.

Pembangunan jembatan Silayakh Pedesi, Kecamatan Bambel menghubungkan Desa Ngkeran ini awalnya sebagai inisiator adalah mantan Bupati Aceh Tenggara, Ir H Hasanuddin B, MM dan mantan Wabup Agara, H Ali Basrah, SPd, MM.

Baca juga: Habiskan Anggaran Puluhan Miliar, Jembatan Handel Rimo di Aceh Singkil Diresmikan

Kemudian dilanjutkan oleh mantan Bupati Aceh Tenggara, Drs Raidin Pinim dan Wabup Agara, Bukhari yang mengalokasikan anggaran selama lima tahun berturut-turut.

“Alhamdulillah, jembatan yang digagas almarhum mantan Bupati Aceh Tenggara Ir H Hasanuddin B, MM ini sudah bisa dilintasi masyarakat umum,” ujar Pj Bupati Agara.

“Semoga jembatan ini lebih bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani di tiga kecamatan itu dan juga sebagai akses transportasi lalu lintas yang cepat menuju Kota Kutacane," ujar Drs Syakir MSi.

Secara terpisah, Kepala Dinas PUPR Aceh Tenggara, Sadli, ST mengatakan, jembatan rangka baja Silayakh Pedesi, Kecamatan Bambel menghubungkan Desa Ngkeran, Kecamatan Lawe Alas sepanjang 500 meter, termasuk oprit jembatan dan rangka baja sepanjang 240 meter.

Jembatan Silayakh pertama kali dimulai pembangunannya oleh pasangan Bupati dan Wabup, Hasanuddin.B-Ali Basrah di periode 2012-2017.

Setelah itu terus berlanjut di masa kepemimpinan pasangan Bupati Raidin Pinim dan Bukhari pada periode 2017-2022.

Baca juga: Kerusakan Oprit Jembatan Blang Mane Segera Ditangani

Hingga akhirnya, rampung pengerjaannya dan diresmikan pada masa Pj Bupati, Drs Syakir, MSi.

Pembangunan ini dimulai tahun 2014 secara bertahap dengan mengalokasikan anggaran DOKA dan Otsus Aceh total mencapai Rp 52 Miliar lebih.

“Alhamdulillah, dengan keseriusan para pimpinan kita ini telah bisa kita nikmati yang membuat jembatan tersebut bisa selesai akhir tahun 2022 lalu,” urai dia.

Peresmian jembatan rangka baja Silayakh itu dihadiri anggota DPR RI, Salim Fakhri, Ketua DPRK Aceh Tenggara, Denny Febrian Roza, SSTP, MSi, Kapolres Aceh Tenggara, AKBP Raden Doni Sumarsono, SIK, MH, Dandim Agara, Letkol Inf Muhammad Sujoko, Kajari Agara, Syaifullah, SH, MH, mantan Bupati Aceh Tenggara, Armen Desky, Martin Desky, Syahbuddin BP, Raidin Pinim, mantan Wabup Agara, Bukhari, Ali Basrah, SPd, MM, anggota DPR Aceh, Yahdi Hasan, Junedi, Sekda Agara, MHD Ridwan, SE, MSi, para kepala OPD, camat, dan pejabat lainnya.(*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved