Berita Aceh Barat

Bupati Ramli MS: Optimalkan Semua Sumber Daya untuk Capai Ketahanan Pangan

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Taufik Hidayat
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ramli MS, Bupati Aceh Barat        

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Sebagai Pemangku kepentingan, Dewan Ketahanan Pangan Aceh terus berupaya melakukan peningkatan sumber pangan dengan mengevaluasi berbagai kegiatan guna meningkatkan ketahanan pangan di Provinsi Aceh.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pangan menggelar Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Aceh, dengan mengusung tema “Pangan Kuat, Aceh Troe” yang berlangsung, Senin (15/11/2021), di Ruang Pertemuan Hotel Hermes Palace Banda Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aceh Barat, H Ramli MS selaku anggota dewan ketahanan pangan Aceh mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan semua sumber daya yang ada untuk mencapai ketahanan pangan di daerah.

"Selaku anggota dewan ketahanan pangan, saya akan optimalkan semua sumber daya yang ada guna mencapai ketahanan pangan," kata Ramli MS.

Menurutnya, dua kunci utama dalam membangun ketahanan pangan adalah ketersediaan dan akses terhadap pangan, agar pangan tersedia, butuh lahan produksi yang lebih luas dan produktivitas lebih tinggi.

Disamping itu, berbagai program terkait pangan yang menonjol, seperti revitalisasi pertanian, pemanfaatan lahan terlantar, serta masalah konversi lahan juga menjadi concern bagi pemerintah.

Pangan merupakan masalah yang fundamental, negara harus menjamin ketahanan pangan karena menyangkut hajat kehidupan masyarakat.

Di sinilah peran strategis Dewan Ketahanan Pangan sebagai lembaga koordinasi yang mensinergikan seluruh program lintas sektor terkait pangan guna memaksimalkan pencapaian target yang telah ditetapkan sambungnya.

“Kita harapkan rakor yang dihadiri oleh Bupati dan walikota ini, mampu memperkuat fungsi koordinasi Dewan Ketahanan Pangan untuk mewujudkan swasembada Pangan di Aceh,” ungkap Bupati Ramli MS.

Baca juga: Satu Sepeda Motor Pengunjung di DPRK Aceh Tamiang Hilang, Pelaku Terekam CCTV, Beraksi Cuma 2 Menit

Baca juga: 2 Lagi Senpi Diamankan, BB Perampokan Toko dan Agen Bank di Peunaron Aceh Timur yang Terekam CCTV

Baca juga: VIDEO - Terekam CCTV Saat Masuk ke Rumah Warga, Aksi Pria ini Bikin Kaget Netizen di Lhokseumawe

Halaman
12