Kadis Sebut PT CA Abdya Menanam Kelapa Sawit di Atas Lahan Tanpa Izin Lingkungan

Perusahaan perkebunan itu tetap diminta untuk menghentikan sementara semua aktivitas sampai bisa dipenuhi izin lingkungan dimaksud

Kadis Sebut PT CA Abdya Menanam Kelapa Sawit di Atas Lahan Tanpa Izin Lingkungan
SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
Panitia khusus DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan peninjauan ke area HGU PT CA, Rabu (28/3/2018) sore. Dalam kunjungan itu, mereka menemukan banyak area HGU PT CA tidak digarap dan masih hutan. 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengatakan, Manajemen PT Cemerlang Abadi (CA) di Babahrot telah melakukan tindak pidana karena menanam kelapa sawit di atas lahan 2.747,17 hektare (ha) tanpa izin lingkungan.

Perusahaan perkebunan itu tetap diminta untuk menghentikan sementara semua aktivitas sampai bisa dipenuhi izin lingkungan dimaksud.

Baca: Seluruh Mukim di Abdya Tolak Perpanjangan PT Cemerlang Abadi, Ini Alasannya

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perkim dan LH Abdya, Firmansyah ST kepada Serambinews.com, Selasa (1/5/2018), menanggapi pemberitaan bahwa Manajemen PT CA menolak menghentikan sementara semua aktivitas.

“Menyangkut tindak pidana, maka sudah menjadi ranah aparat penegak hukum,” katanya.

Firmansyah ketika dikonfirmasi ulang oleh Serambinews.com mengatakan, sikap Manajemen PT CA menolak untuk menghentikan sementara semua aktivitas usaha sebagaimana perintah Kepala Dinas Perkim dan LH Abdya melalui surat yang disampaikan sebelumnya merupakan bentuk pelanggaran.

Baca: Tolak Perpanjangan Izin HGU PT CA, Bupati dan Pimpinan DPRK Abdya Menghadap Menteri Agraria

Sebab, berdasarkan Pasal 109 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan (PPHL), pihak perusahaan (PT CA) dapat dipidana karena telah melakukan penanaman kelapa sawit di atas lahan 2.747,17 ha tanpa izin lingkungan.

Menyangkut pernyataan Koordinator Kebun PT PA, Agus Marhelis bahwa perusahaan perkebunan kelapa sawit yang dikelola telah mengantongi izin lingkungan, Firmansyah secara tegas mengatakan tidak benar karena tidak bisa dibuktikan secara fisik.

“PT CA baru akan menyusun DELH (Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup) untuk areal 4.847,17 ha. Dapat dipastikan izin lingkungan untuk lahan seluas 4.847,17 ha tersebut belum ada,” tegas Kadis Perkim dan LH Abdya itu.

Baca: Forkab Minta Area PT CA di Abdya Dibagikan Untuk Rakyat dan Kombatan GAM

Tentang pernyataan Agus Marhelis bahwa Dinas Perkim dan LH Abdya menolak permohonan izin lingkungan dari PT CA, Firmansyah menjelaskan, dokumen yang diajukan saat itu adalah dokumen UKL-UPL untuk areal 2.747,17 ha.

Seharusnya PT CA mengajukan dokumen DELH untuk areal seluas 4.847,17 ha.

“Hal itu sudah kita jelaskan melalui surat yang meminta agar PT CA segera menyusun Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH),” ungkap Firmansyah.(*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved