Forkab Minta Area PT CA di Abdya Dibagikan Untuk Rakyat dan Kombatan GAM

"Kami dukung langkah pemerintah, langkah ini sangat tepat, demi kesejahteraan rakyat,"

Forkab Minta Area PT CA di Abdya Dibagikan Untuk Rakyat dan Kombatan GAM
Ketua DPP Forum Komunikasi Anak Bangsa (Forkab), Polem Muda Ahmad Yani 

Laporan Rahmat Saputra l Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Ketua DPP Forum Komunikasi Anak Bangsa (Forkab), Polem Muda Ahmad Yani mendukung langkah pemerintah Aceh Barat Daya (Abdya) dan Pemerintah Aceh tidak memperpanjang Hak Guna Usaha (HGU) PT Cemerlang Abadi (PT CA).

"Kami dukung langkah pemerintah, langkah ini sangat tepat, demi kesejahteraan rakyat," ujar ketua DPP Forkab, Polem Muda Ahmad Yani.

Bahkan, kata Polem Muda, pihaknya mendukung langkah Gubernur Aceh membagikan area HGU PT CA kepada masyarakat untuk program cetak sawah baru.

Baca: Tolak Perpanjangan Izin HGU PT CA, Bupati dan Pimpinan DPRK Abdya Menghadap Menteri Agraria

"Selain dibagikan untuk rakyat miskin, kami juga meminta tanah PT CA itu harus dibagikan kepada para mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM)," tegas Polem Muda.

Hal ini, tambahnya, sesuai amanah MoU Helsinki tentang setiap para kombatan harus mendapatkan lahan pertanian, mengingat amanah itu hingga kini belum terealisasi.

"Abdya ini langkah awal, jika ada perusahan seperti ini di kabupaten lain, maka HGU-nya harus dicabut, dan diberikan pada rakyat dan kombatan," pintanya.

Baca: Sertifikat HGU PT CA Babahrot Segera Dikembalikan kepada Negara, Kenapa?

Ia mengajak seluruh elemen, berjuang bersama-sama untuk menolak perpanjangan HGU yang selama 30 tahun telah ditelantarkan.

Karena tidak menunaikan kewajibannya untuk menyediakan kelompok binaan atau plasma.

"Cukup sudah tanah itu ditelantarkan hingga terjadi pertumpahan darah. Jangan lah masyarakat kita kembali jadi penonton dan korban di daerahnya sendiri," ungkap Polem Muda yang merupakan putra asli Abdya ini.

Baca: Gubernur: Batalkan Rekomendasi HGU PT CA

Polem berjanji siap menurunkan seluruh anggota Forkab dan berada di barisan terdepan dalam rangka mendukung upaya pemkab dan pemerintah Aceh membagikan area HGU untuk rakyat.

"Jika tanah itu dibagi satu kepala keluarga satu naleh (1 hektar untuk 3 orang-red), maka akan ada belasan ribu kepala keluarga yang terbantu," ungkapnya. (*)

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help