Puluhan Pemuda di Abdya Beternak Ayam KUB, Wow Segini Penghasilannya

Betapa tidak, dengan umur 60 hari, satu ekornya bisa dijual dengan harga Rp 90 ribu hingga Rp 120 ribu per ekor

Puluhan Pemuda di Abdya Beternak Ayam KUB, Wow Segini Penghasilannya
SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
Salah seorang pengurus komunitas Barisan Sahabat Akmal (kanan) memperlihatkan kandang ayam KUB, Rabu (16/5/2018). 

Laporan Rahmat Saputra l Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Puluhan pemuda yang tergabung dalam relawan Barisan Sahabat Akmal (BISA) beternak ayam Kampung Unggul Balitbang (Ayam KUB).

Ini dilakukan dalam rangka menyukseskan program pemerintahan kabupaten Aceh Barat Daya dibawah kepemimpinan Akmal Ibrahim-Muslizar MT.

Saat ini ayam KUB ini menjadi 'buah bibir' masyarakat Abdya, khususnya para pemuda.

Baca: Polisi Tetapkan Tujuh Tersangka Kasus Pengeroyokan Ketua Pemuda di Abdya

Betapa tidak, dengan umur 60 hari, satu ekornya bisa dijual dengan harga Rp 90 ribu hingga Rp 120 ribu per ekor.

Koordinator BISA, Angku Jasman mengatakan, alasan pihaknya membentuk kelompok binaan ayam KUB itu, melihat penghasilannya sangat menggiurkan.

"Ini peluang bisnis yang sangat menjanjikan, apalagi ini sudah dilakukan oleh Pak Bupati Akmal, dan sudah terbukti penghasilannya sangat menjanjikan. Bayangkan saja, jika kita pelihara ayam KUB ini 1000 ekor, maka gaji kita sebulan mencapai Rp 30 juta hingga Rp 50 juta," ujar Koordinator BISA, Angku Jasman.

Baca: Hari Meugang di Abdya Sembelih 238 Ternak, Harga Daging Tembus Rp 180.000 Per Kg

Melihat peluang menjanjikan itu, kata Angku Jasman, pihaknya pun membentuk kelompok binaan di tiga kecamatan, yaitu Susoh, Blangpidie dan Kecamatan Manggeng.

"Tahap pertama ini, ada 3.000 ekor ayam KUB yang kita serahkan pada kelompok binaan ini. Kita targetkan, 3.000 ekor ayam KUB ini, bisa menghasilkan Rp 250 juta hingga Rp 300 juta setiap panen. Karena, harga jual ayam KUB ini, Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu per ekor," papar Jasman.

Jasman menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya merencanakan membentuk kelompok binaan ayam KUB tahap selanjutnya di Kecamatan Lembah Sabil, Tangan -Tangan, Kuala Batee, Jeumpa dan Kecamatan Babaharot.

Baca: Hilang 8 Tahun Usai Bunuh Orang, Pria Abdya Pulang Mengira Kasusnya Dilupakan, Tapi Begini Akhirnya

"Alhamdulillah, pengembangan peternakan Ayam KUB ini, kita memakai uang pribadi komunitas BISA. Setelah panen, selanjutnya kita lakukan bagi hasil dengan kelompok binaan," terangnya.

Ia berharap pada relawan BISA yang lainnya untuk bersabar, mengingat setiap pemesanan ayam KUB itu memerlukan waktu antrian dua hingga tiga bulan.

"Insya Allah, kita targetkan seluruh pemuda yang tergabung dalam relawan BISA akan beternak ayam KUB. Minimal satu orang harus memelihara 500 hingga 2000 ekor ayam KUB atau bisa berpenghasilan Rp 5 juta hingga 10 juta per bulan," pungkasnya. (*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved