Kapal Api Siap Bangun Industri Pengolahan Kopi di Bener Meriah dan Galus, Ini Luas Lahan Dibutuhkan

Bupati Bener Meriah Ahmadi dan Bupati Muhammad Amru menyambut antusias rencana Kapal Api berinvestasi di dataran tinggi Gayo.

Kapal Api Siap Bangun Industri Pengolahan Kopi di Bener Meriah dan Galus, Ini Luas Lahan Dibutuhkan
IST
Dirut PT Kapal Api, Soedomo (dua dari kanan) bersama Bupati Bener Meriah Ahmadi SE (kiri), Pangdam Iskandar Muda Mayjen Hafil Fuddin, dan Bupati Gayo Lues, HM Amru (kanan). 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Kapal Api, salah satu perusahaan raksasa Indonesia, siap membangun pabrik pengolahan kopi di Kabupaten Bener Meriah dan Gayo Lues.

Dirut Utama Kapal Api, Soedomo Mergonoto, mengatakan rencana investasi itu dalam pertemuan dengan Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE, Bupati Gayo Lues, HM Amru dan Pangdam Iskandar Muda, Mayjen Hafil Fuddin, di Jakarta, Rabu (6/6/1018) malam.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi program reforestasi Aceh di Markas Dewan Ketahanan Republik Indonesia, juga diutarakan rencana investasi bidang pabrik pengolahan kopi itu.

Baca: Peringati Hari Lahir Bung Karno, Foto-Foto Lawasnya Dipamerkan di Area Gedung Kantor Pos Kebonrojo

Baca: Menanti Lailatul Qadar, Begini Suasana Buka Puasa di Masjid Nabawi

Baca: Saat Bulan Puasa, Ini Deretan Penyakit yang Rentan Menyerang

“Saya akan bangun pabrik pengolahan kopi di Bener Meriah dan Gayo lues. Lahan yang saya butuhkan tahap awal sekitar 20 hektare. Pabrik itu nantinya hanya membeli dan menampung kopi dari petani. Kami tidak akan berkebun, yang berkebun tetap petani, akan tetapi kita akan bantu dana," kata Soedomo.

Pangdam IM, Mayjen Hafil Fuddin mengatakan bahwa kerja sama pembangunan industri manufaktur di Bener Meriah dan Gayo Lues, itu akan menyerap tenaga pekerjaan yang banyak masyarakat dan juga meningkatkan harga kopi karena langsung di beli oleh industri besar.

Bupati Bener Meriah Ahmadi dan Bupati Muhammad Amru menyambut antusias rencana Kapal Api berinvestasi di dataran tinggi Gayo.

Baca: Saat Buat Kopi, Rumah Ambruk Tertimpa Pohon, Husaini Terjepit Hingga Meninggal 

Baca: Kute Coffee di Hulu Wih Pesangan Lengkapi Wisata Kopi Gayo

Baca: Selain Luwak, 5 Jenis Kopi Khas Indonesia Ini juga Banyak Dicari

"Ini adalah langkah baik untuk Kabupaten Bener Meriah yang merupakan penghasil kopi arabika Gayo terbesar setelah Aceh Tengah dan Gayo Lues, karena secara otomatis harga kopi yang dibeli oleh Kapal Api bisa lebih tinggi dan pabrik tersebut akan menyerap tenaga kerja, selain itu akan ada transfer teknologi pengolahan kopi yang akan di tularkan oleh Kapal Api kepada para pelaku home industri bubuk kopi di Bener Meriah," kata Ahmadi.(*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved