Pilkada 2018

Di Luar Dugaan, Selisih Pilkada Subulussalam 12 Persen, Partisipasi Pemilih Capai 93 Persen

Selisih suara Bintang/Salmaza dan Sartin/Dedi mencapai 5.800 suara atau 12,51 persen menjadi rekor pilkada di Kota Subulussalam.

Di Luar Dugaan, Selisih Pilkada Subulussalam 12 Persen, Partisipasi Pemilih Capai 93 Persen
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
Asisten Setdako Subulussalam, Drs M Ya'kub KS menunjukan hasil perhitungan suara Pilkada Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam versi Desk Pilkada Setdako Subulussalam, Rabu (27/6/2018). 

Laporan Khalidin I Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM - Proses pemilihan calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Subulussalam hampir memasuki fase akhir setelah pencoblosan Rabu (27/6/2018).

Data rekapitulasi final hasil pemungutan suara versi Desk Pilkada Setdako Subulussalam yang diterima Serambinews.com, menempatkan pasangan nomor urut 5, Affan Alfian Bintang/Salmaza sebagai peraih suara terbanyak.

Pascakemenangan Bintang/Salmaza, sejumlah fakta di luar dugaan khalayak terkait selisih suara dan partisipasi pemilih pilkada ketiga Kota Sada Kata ini.

Pasangan Bintang/Salmaza berada di posisi pertama atas raihan suara sebanyak 19.433 atau 41,90 persen dari 46.383 total suara masuk.

Sementara rival terkuatnya, pasangan Sartina NA/Dedi Anwar Bancin mendulang 13.633 suara atau 29,39 persen.

Selisih suara antara paslon Bintang/Salmaza dan Sartin/Dedi mencapai 5.800 suara atau 12,51 persen menjadi sebuah rekor pilkada di kota hasil pemekaran dari Aceh Singkil ini.

Betapa tidak, sejak pilkada perdana dan kedua, paslon pemenang tidak terpaut jauh dengan rivalnya sehingga selalu bermuara ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca: Kerap Jadi Lokasi Hilangnya Pesawat dan Kapal, Ini Kesaksian Para Pilot Penyintas Segitiga Bermuda

Baca: Ini Dokumen yang Harus Disiapkan untuk Mendaftar CPNS 2018 Bagi Lulusan Sarjana, D3 dan SMA

Baca: Sejak Juli 2017, Harga Emas di Pasar Dunia Sentuh Level Terendah

Di Pilkada perdana 2008 misalnya, paslon Sakti/Bintang atau Sabit yang kala itu menjadi pemenang hanya selisih 193 suara dari rivalnya Asmauddin/Salmaza alias Assalam.

Lalu, pada Pilkada 2013, Sakti maju bersama Salmaza dan memenangkan pertarungan dengan sengit karena perolehan suaranya hanya terpaut 191 atau 0,50 persen dengan pesaingannya Bintang/Pianti Mala.

Halaman
123
Penulis: Khalidin
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved