Kader Partai Aceh Minta Plt Gubernur Lanjutkan Proyek Terowongan Geurutee

Pemerintah gubernur sebelumnya, Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf (Zikir), hasil kerjanya ada yang bisa diperlihatkan kepada publik.

Kader Partai Aceh Minta Plt Gubernur Lanjutkan Proyek Terowongan Geurutee
DOK.SERAMBINEWS.COM
Ruas jalan yang melintasi Gunung Geurutee, Kecamatan Jaya (Lamno), Aceh Jaya. Lintas ini kerap terganggu longsor saat hujan deras mengguyur. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Kader Partai Aceh di DPR Aceh, Dr Hj Mariati MR, MSi, meminta Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mempertanyakan kembali ke Kementerian PUPR mengenai program pembangunan terowongan Geurute.

Hal itu disampaikan Mariati pada Rapat Paripurna DPR Aceh dalam Rangka Penyerahan KUA-PPAS TA 2019 dan Rapat Paripurna Khusus DPR Aceh dalam Rangka Penyampaian Rancangan Qanun Aceh Tahun 2018, di Gedung Utama DPR Aceh, Senin (6/8/2018).

Selain dihadiri pimpinan dan anggota DPRA, rapat paripurna tersebut juga dihadiri Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama sejumlah kepala SKPA.

(Baca: Plt Gubernur Aceh Ajukan Belanja Pembangunan Tahun 2019 Rp 15,7 Triliun, Ini Perinciannya  )

“Studi kelayakannya sudah pernah dibuat dengan dana Rp 5 miliar, sekarang ini hasilnya mana dan kenapa belum masuk dalam Program Strategis Nasional 2018 (PSN)?,” kata Mariati.

Anggota DPRA dari Partai Aceh ini melanjutkan, terowongan Geurutee ini harus segera dibangun, agar ada yang dikenang dari Pemerintah Aceh saat ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muljono bersama Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, Sekda Aceh Dermawan dan sejumlah kepala SKPA, menandatangani gambar rencana pembangunan terowongan geurutee pada saat meninjau lokasi proyek terowongan Geurutee, Aceh Jaya Senin (10/3).   SERAMBI/HERIANTO
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muljono bersama Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, Sekda Aceh Dermawan dan sejumlah kepala SKPA, menandatangani gambar rencana pembangunan terowongan geurutee pada saat meninjau lokasi proyek terowongan Geurutee, Aceh Jaya Senin (10/3). (SERAMBI/HERIANTO)

Ia menyebutkan, Pemerintah gubernur sebelumnya, Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf (Zikir), hasil kerjanya ada yang bisa diperlihatkan kepada publik.

Antara lain pembangunan Payung Masjid Masjid Raya Baiturrahman dan lapangan parkir bawah tanahnya.

Selanjutnya menuntaskan pembangunan jembatan flyover Simpang Surabaya dan uderpass Beurawe, dan lainnya.

Sementara Pemerintahan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, kata Mariati, belum kelihatan keberhasilan 15 program unggulannya itu.

Catatan Serambinews.com, terowongan Geurutee ini awalnya diwacanakan oleh Ir Nova Iriansyah MT pada tahun 2013 kala masih menjabat Anggota DPR RI.

Nova mewacanakan pentingnya pembangunan terowongan (tunnel) di Gunung Geurutee--lintas Banda Aceh-Aceh Jaya--mengingat ruas jalan yang melintasi gunung tersebut tidak mungkin diperlebar lagi.

“Harus dibuka kemungkinan untuk pembukaan trase baru bahkan kemungkinan untuk pembuatan terowongan di Geurutee. Kita di Komisi V DPR RI siap merespons hal itu,” kata Nova yang kala itu duduk sebagai anggota Komisi V DPR RI.

(Baca: Nova Wacanakan Terowongan Geurutee)

(Baca: Diwacanakan, Pembangunan Terowongan Geurutee)

 

Penulis: Herianto
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help