KIP Aceh Buka Rekaman Bacaleg Mengaji dalam Sidang Kasus tak Lulus Uji Baca Alquran

Tampaklah di layar tancap dengan jelas, Buhari Selian, bacaleg DPRA dari dapil 8 Gayo Lues-Aceh Tenggara

KIP Aceh Buka Rekaman Bacaleg Mengaji dalam Sidang Kasus tak Lulus Uji Baca Alquran
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Sidang ajudikasi bacaleg tak lulus uji baca Alquran memperlihatkan bukti rekaman video bacaleg mengaji, Rabu (29/8/2018). 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh selaku termohon dalam kasus Buhari Selian, bacaleg DPRA yang tak lulus mengaji, blak-blakan dalam sidang ajudikasi di kantor Panwaslih Aceh di Banda Aceh, Rabu (29/8/2018) pagi.

KIP Aceh diminta oleh majelis sidang untuk memperlihatkan bukti Buhari Selian mengaji saat ikut tes uji mampu baca Alquran yang diselenggarakan oleh KIP Aceh pada 19 Juli lalu di asrama haji Banda Aceh.

“Kita minta kepada termohon (KIP) Aceh untuk menunjukkan bukti berupa rekaman video Pak Buhari Selian saat ikut tes baca Alquran. Kami persilakan,” kata Zuraida Alwi selaku ketua majelis sidang.

Baca: Panwaslih Aceh Kembali Gelar Sidang Sengketa Pemilu Terkait Bacaleg tak Lulus Uji Baca Alquran

Komisioner KIP Aceh, Ranisah bersama staf kemudian memperlihatkan bukti rekaman melalui staf Panwaslih.

Tampaklah di layar tancap dengan jelas, Buhari Selian, bacaleg DPRA dari dapil 8 Gayo Lues-Aceh Tenggara.

Bukti tersebut merupakan rekaman video KIP Aceh saat berlangsungnya uji baca Alquran di asrama haji beberapa waktu lalu.

Sontak seisi ruangan sidang di Panwaslih Aceh senyap, melihat dan mendengarkan secara seksama Buhari Selian mengaji, caleg DPRA yang diusung PAN tersebut.

Baca: 14 dari 353 Bacaleg Pijay tak Lulus Uji Baca Alquran, KIP: Biarlah Ketua Partainya yang Kasih Tahu

Amatan Serambinews.com yang mengikuti sidang dari awal sampai akhir, video Buhari Selian yang diperlihatkan oleh KIP Aceh itu, sedikit bising.

Suara Buhari Selian hanya terdengar jelas saat membaca au’zubillah dan bismillahhirrahmanirrahim di awal, saat juri mempersilakannya membaca Alquran.

Saat membaca Alquran, tak terdengar jelas apa yang dibaca oleh Buhari. Selain video tersebut terdengar bising, suara Buhari Selian saat membaca Alquran juga terdengar kecil.

Baca: 42 Bacaleg DPRK Agara Gugur karena tak Ikut Uji Baca Alquran, 15 Lainnya tidak Lulus

Video sekitar satu menit itu memperlihatkan Buhari membaca sekitar satu ayat Alquran. Dalam video itu, Buhari tampak mengenakan peci dan baju koko

“Kita sudah lihat rekaman video ini. Kita lihat bersama, suara Pak Buhari hanya jelas saat membaca bismillah di awal. Terima kasih kepada termohon yang telah memperlihatkan bukti ini,” pungkas Zuraida Alwi.

Sidang ajudikasi hari ini dipimpin Zuraida Alwi didampingi anggota, Faizah dan Marini.

Untuk diketahui, kasus Buhari Selian yang dicoret namanya dari list bacaleg DPRA oleh KIP Aceh dilaporkan oleh DPW PAN Aceh selaku termohon. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved