Luar Negeri

Moon Jae In dan Kim Jong Un Kembali Bertemu, Era Perang Korea Benar-benar Berakhir?

Kedua pemimpin dua negara bersaudara, Korea Utara dan Korea Selatan, bertemu pada hari ini Rabu (19/8/2018) di Pyongyang, Korea Utara.

Moon Jae In dan Kim Jong Un Kembali Bertemu, Era Perang Korea Benar-benar Berakhir?
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (kiri) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menunjukkan deklarasi yang mereka tandatangani dalam pertemuan di Pyongyang. Kim sepakat untuk menutup situs uji coba rudalnya.(via Sky News) 

SERAMBINEWS.COM – Kedua pemimpin dua negara bersaudara, Korea Utara dan Korea Selatan, bertemu pada hari ini Rabu (19/8/2018) di Pyongyang, Korea Utara.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Korea Selatan, Moon Jae In, dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, memutuskan melakukan perdamaian dengan menandatangani perjanjian militer bersama.

Tujuan dari perjanjian tersebut adalah untuk menghilangkan ancaman serta konflik di Semenanjung Korea.

"Era tanpa perang telah dimulai," kata Presiden Korea Selatan Moon Jae Inmengumumkan pasca pertemuan bersama dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

"Hari ini Korea Utara dan Selatan Selatan memutuskan untuk menghilangkan semua ancaman dari seluruh Semenanjung Korea.”

Dalam perjanjian tersebut, Korea Utara berkomitmen untuk menutup secara permanen pengujian mesin Dongchang-ri dan peluncuran rudal di bawah kehadiran para ahli yang relevan.

Pyongyang juga setuju untuk menghancurkan situs nuklir Yongbyon, yang diyakini digunakan untuk produksi bahan fisil untuk senjata nuklir, menurut klaim Amerika Serikat.

S
Presiden Korea Selatan, Moon Jae In, dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

"Hubungan kami akan berubah dan akan semakin baik.”

“Saya berharap dapat berdiskusi kembali bertiga bersama Korea Utara dan Amerika Serikat.”

“Oleh karena itu, kami semua harus terus menunjukkan kepercayaan terhadap satu sama lain dan saya berharap akan ada KTT lain antara kedua negara (Korut dan AS) secepat mungkin."

Halaman
1234
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved