CPNS 2018

CPNS 2018 - Kementerian Ini Paling Diminati oleh Pelamar

Tahapan selanjutnya dari proses seleksi ini adalah verifikasi administrasi terhadap berkas-berkas yang telah diajukan oleh pelamar.

CPNS 2018 - Kementerian Ini Paling Diminati oleh Pelamar
Tribun Jabar
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Jumlah pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 mencapai 3,7 orang. Jumlah tersebut merupakan terbesar sepanjang sejarah.

 “Angka ini merupakan yang terbanyak dibanding dengan pelamar CPNS tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2014 mencapai 2,6 juta, sedangkan tahun 2017 mencapai 2,4 juta,” kata Syafrudin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dirut TVRI di Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Namun, lanjut Syafrudin, yang telah menyelesaikan pendaftaran hingga penutupan pada Senin (15/10/2018) pukul 23.59 WIB mencapai 3.627.797 pelamar.

Tahapan selanjutnya dari proses seleksi ini adalah verifikasi administrasi terhadap berkas-berkas yang telah diajukan oleh pelamar.

Baca: CPNS 2018 - Pengumuman Hasil Verifikasi Administrasi CPNS Mulai Hari Ini, Cek di sscn.bkn.go.id

Bagi pelamar yang lulus seleksi administrasi akan diumumkan sekitar tanggal 21 Oktober 2018. Untuk selanjutnya berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dimulai tanggal 26 Oktober 2018 sampai dengan 17 November 2018.

“Tahapan selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan sekitar 22-28 November 2018. Sementara Pengumuman akhir direncanakan pada sekitar Minggu pertama bulan Desember 2018,” jelasnya.

Panselnas akan mengupayakan agar lokasi pelaksanaan SKD dan SKB dekat dengan domisili pelamar. Dengan menyediakan lebih dari 219 lokasi tes yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami mengimbau agar para pelamar mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti rangkaian seleksi tersebut. Materi untuk tahapan SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas yang berbeda-beda menurut jenis formasinya,” kata mantan Wakapolri ini.

Baca: Pelamar CPNS di Aceh 86.129 Orang

Selain itu, ia juga mengajak agar semua pihak untuk bersama mengawal dan menjaga proses seleksi CPNS Tahun 2018 ini. Yaitu dapat berlangsung aman, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya.

“Saya tegaskan agar masyarakat khususnya calon pelamar tidak mempercayai apabila ada pihak-pihak tertentu yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam penerimaan CPNS dimaksud dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya,” ujar Syafruddin.

Halaman
1234
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved