Opini

Menulis Menyebarkan Ilmu Mencerdaskan Bangsa

MEWUJUDKAN suatu masyarakat yang smart yang siap menghadapi segala tantangan global tidak mudah

Menulis Menyebarkan Ilmu Mencerdaskan Bangsa
Murid MTsN Model Banda Aceh memanfaatkan membaca buku di ruang pustaka pada jam istrahat. SERAMBI/BEDU SAINI

Oleh Azwardi

MEWUJUDKAN suatu masyarakat yang smart yang siap menghadapi segala tantangan global tidak mudah. Untuk itu diperlukan kepedulian dan semangat yang tinggi dari segenap elemen bangsa, mulai dari presiden sebagai pemegang kekuasaan tertinggi negara, pejabat publik, akademisi, sastrawan, jurnalis sampai dengan rakyat jelata sebagai anggota masyarakat pada tataran paling bawah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa barometer kemajuan suatu bangsa dan negara diukur berdaasarkan indeks kecerdasan anak bangsanya. Semakin baik indeks kecerdasan anak bangsa semakin baik pula derajat dan martabat bangsanya. Pada level nasional, Indonesia Pintar merupakan program unggulan presiden dalam rangka pemartabatan bangsa dalam ranah percaturan global.

Berbagai agenda yang berhubungan dengan pencapain program unggulan tersebut terus digulirkan melalui satuan-satuan kerja terkait, misalnya Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berkolaborasi dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa beserta Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Pada level daerah, Aceh Caröng misalnya, merupakan satu program primadona Gubernur Aceh dalam rangka pemartabatan bangsa dalam ranah percaturan nasional. Berbagai agenda yang berhubungan dengan pencapain program unggulan yang telah digulirkan Pemerintah terus disingkronisasikan dan diadaptasikan dengan berbagai potensi keunggulan daerah sesuai dengan kearifan lokal.

Program strategis
Idealnya, untuk membumikan minat baca tulis dan sebarkan, perlu dipetakan program-progran strategis kegiatan sebagai berikut: (1) penguatan literasi keluarga, (2) penguatan literasi masyarakat, (3) penguatan literasi sekolah, (4) penguatan literasi dayah/pesantren, dan (5) penguatan literasi kampus. Ketika tradisi literasi berhasil bangkit, akan banyak inbas positif yang menyertainya, apalagi Aceh yang dikenal dengan daerah istimewa, khususnya di bidang agama, pendidikan, dan adat istiadat.

Karakteristik utama ulil albab (orang yang berpikir) adalah gemar membaca dan menulis. Melalui membaca kita memperoleh ilmu dan pengalaman, melalui menulis kita mengembangkan dan meyebarkan ilmu dan pengalaman. Semua input pengetahuan yang telah diserap idealnya dapat direkonstruksi; ditransformasikan; disampaikan ulang kepada khalayak. Dengan demikian, proses pengembangan dan penyebaranilmu terus berlanjut.

Manifestasi literasi, yaitu memberi tahu, mengajak, dan mempengaruhi orang lain tentang sesuatu yang positif dengan cara yang baik, pada dasarnya merupakan dakwah yang mungkin dilakukan oleh sertiap muslim (QS. An-Nahl: 125). Dakwah tersebut dapat dilakukan secara lisan (dakwah bil lisan) dan tulisan (dakwah bil kalam). Jika kita menyampaikan dakwah cecara lisan, tentu audiensnya terbatas. Akan sangat berbeda jika kita menyampaikannya melalui tulisan, misanya artikel dalam surat kabar, jangkauan pembancanya sangat luas, baik yang membaca melalui versi cetak maupun yang mengakses via versi online.

Berkaitan dengan itu, yang menjadi persoalan selama ini adalah sedikit sekali orang yang menulis. Hal ini barangkali karena dalam Alquran tidak ada perintah tulis secara eksplisit, yang ada perintah baca; ikra. Logikanya adalah tidak mungkin disuruh baca jika tidak ada apa yang dibaca.

Nah, apa yang dibaca itu merupakan tulisan, misalnya membaca tulisan yang berupa tanda-tanda kekuasaan Allah. Seandainya banyak ilmuan (guru, dosen, teungku, siswa, santri, mahasiswa, dan elemen masyarakat lainnya) memiliki keterampilan berliterasi atau menulis dan mau terus menulis, banyak masyarakat awam terbantu olehnya memahami prinsip-prinsip ilmu, baik ilmu-ilmu keduniaan maupun ilmu-ilmu keakhiratan.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved